Kerjasama Balai Jasa Kontruksi Makassar, Dinas PU Sinjai Lahirkan Ratusan Tenaga Terampil

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Bidang Jasa Kontruksi Dinas PUPR Kabupaten Sinjai, bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah 4 Makassar, melaksanakan pelatihan tenaga terampil.

Dalam pelaksanaannya, terdiri 4 angkatan, yakni angkatan pertama 50 diikuti peserta, angkatan kedua 50 peserta, angkatan ketiga 134 peserta dan angkatan keempat 300 peserta, yang diikuti oleh tukang kayu, tukang batu, juru gambar, tukang las dan tukang listrik.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) telah menerbitkan 356 sertifikat dan akan menyusul 137 sertifikat untuk angkatan terakhir.

Serah terima dilaksanakan di Aula Dinas PUPR oleh Kadis PUPR, Andi Taufik Saleh. Dalam arahannya, Ia menyampaikan bahwa Pemerintah menghimbau kepada semua tenaga kerja yang terlibat di bidang jasa konstruksi memiliki sertifikat keahlian atau keterampilan untuk menjamin mutu pekerjaannya, Kewajiban itu berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2017. Selasa, (15/12/2020).

“Untuk mendapatkan sertifikat, mereka harus menempuh ujian yang diselenggarakan LPJK, bila mengurus sendiri biasanya dibayar 1,5 juta. Oleh karena itu pemerintah daerah dalam hal ini memfasilitasi pelatihan tenaga terampil gratis kepada pekerja dan calon pekerja konstruksi yang ada di Sinjai dan juga mendapatkan APD,” katanya.

Ia menyampaikan agar sertifikat ini bisa di manfaatkan di dunia jasa konstruksi, demi meningkatnya mutu pekerjaan konstruksi di Sinjai pada khususnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Akmal menyampaikan kepada seluruh peserta yang pernah ikut pelatihan agar mengambil sertifikatnya di Dinas PULR Bidang Jasa Konstruksi.

“Karena serah terima hanya simbolis diikuti 10 peserta untuk menghindari kerumunan di masa pandemik Covid-19 ini,” kuncinya.

Zhar

  • Whatsapp
loading...