Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Boyolali, Tes Swab Antigen Sasar Pengguna Jalan

  • Whatsapp

BOYOLALI, Suara Jelata— Guna mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 usai Lebaran, jajaran Polres Boyolali gencar melakukan pencegahan. Salah satu langkah dilakukan dengan menggelar tes Swab Antigen. Kegiatan ini menyasar para pengguna jalan yang akan menuju luar wilayah Boyolali.

Kapolres Boyolali melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Boyolali, AKP Bambang Kadarisman menjelaskan bahwa tes tersebut diprioritaskan bagi penumpang kendaraan yang hendak melakukan perjalanan. Pelaksanaan tes ini dengan menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Kegiatan dipusatkan di halaman kampus Universitas Boyolali di Desa Winong, Kecamatan Boyolali, Jumat (28/5/2021).

Bacaan Lainnya

AKP Bambang mengatakan Swab Antigen ditujukan kepada warga masyarakat yang melintas di wilayah Boyolali. Namun demikian tidak semuanya, hanya sebagian saja.

“Ini dilakukan dalam upaya menekan atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sekaligus sebagai antisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya di sela kegiatan.

Menurut Bambang, pihaknya memaksimalkan waktu dan petugas untuk menggelar tes Swab Antigen, dan berhasil memeriksa 15-20 kendaraan yang melintas. Diungkapkan lebih lanjut, dari kendaraan yang diperiksa tersebut, semuanya dinyatakan negatif Covid-19.

Salah satu pengguna jalan, Margono, menyatakan bersyukur dapat ikut dihentikan dan melakukan tes Swab Antigen. Pasalnya, warga Kabupaten Ponorogo ini dapat menjalani pemeriksaan secara gratis untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

“Saya mengucapkan terima kasih. Alhamdulillah, ternyata hasilnya negatif semua,” ucapnya.

Selain di Winong, kegiatan serupa juga dilakukan di Rest Area 487 B jalan tol Solo-Semarang dan pos Bangak. Dengan menggencarkan tes Swab Antigen tersebut Polres dan jajaran Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Boyolali berharap dapat menekan penyebaran virus Corona.

Penulis: Iwan
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...