Mudahkan Pengelolaan Aset, Bupati Sinjai Apresiasi Bimtek Sipades

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Bupati Kabupaten Sinjai, Andi Seto Gadista Asapa mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah (LPOD) bekerjasama dengan Dinas PMD Kabupaten Sinjai di Aula Hotel Almadera, kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kamis, (3/6/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan aset Desa berbasis aplikasi Sipades versi 2.0 online yang diikuti oleh perangkat Desa se-Kabupaten Sinjai yang difasilitasi oleh APDESI Sinjai akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.

Bacaan Lainnya

Bupati ASA menyampaikan kepada seluruh Kepala Desa yang mengikuti Bimtek betul-betul mempelajari aplikasi Sipades tentang pengelolaan aset desa mulai dengan perencanaan, pengadaan, penata usahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi labelasi aset sesuai dengan pedoman umum.

“Sehingga nantinya akan dalam bimtek ini dapat memudahkan kepala desa dan perangkat desa mengelola aset yang transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Olehnya itu, Andi Seto berharap aplikasi Sipades ini bisa di konetkan dengan catatan aset Pemkab Sinjai karena biasa mendapatkan masalah tentang pemisahan aset Desa dan aset Daerah.

“Dan memang selalu menjadi dorongan BPK dalam setiap kegiatan. Mudah-mudahan nantinya aplikasinya dibuka bisa diakses oleh pemerintah kabupaten Sinjai sehingga pemisahan aset desa dan daerah bisa dipisahkan lebih gampang,” bebernya.

Terpisah, Sekretaris APDESI kabupaten Sinjai, Ir. Abd. Rajab mengatakan, bimtek tentang aplikasi sistem pengelolaan aset desa bertujuan untuk menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan peraturan yang berlaku agar dapat meminimalisir resiko hilangnya aset desa.

“Mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa dan sebagai alat bantu Pemerintah desa dalam tata kelola aset yang dimiliki,” ucapnya.

Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri Asisten I Setdakab Zainal Arifin, Kadis PMD Sinjai Andi Hariyani Rasyid, Ketua LPOD, Prof. Dr. H. Rasyid Thaha, Ketua APDESI Sinjai Andi Aziz Soi dan sejumlah kepala Desa serta peserta Bimtek.

Penulis: TA
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...