Taruna Akmil Tingkat I/Koptar Aplikasikan Teori Ilmu Medan

  • Whatsapp

MAGELANG, Suara Jelata— Departemen Militer Dasar (Depmildas) Akademi Militer Magelang melaksanakan Operasional Pendidikan Taruna (Opsdiktar) Materi Praktik Ilmu Medan/Navrat (Navigasi Darat). Kegiatan diikuti 263 Taruna Tingkat I/Koptar (Kopral Taruna) bertempat di Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (03/06/2021).

Kepala Depmildas Akmil, Kol Inf Murbianto menguraikan sasaran kegiatan latihan praktik ini dimaksudkan agar Taruna Akmil Tingkat I/Koptar mampu melaksanakan praktik pengetahuan Ilmu Medan dengan baik dan benar di medan sebenarnya. Dalam kesempatan tersebut, Kadepmildas mengharapkan kepada seluruh Taruna yang melaksanakan latihan agar selalu menjaga disiplin dan menjaga etika.

Bacaan Lainnya

“Serta menjaga norma ataupun aturan selama melaksanakan latihan, karena latihan tersebut akan melintasi perkampungan penduduk,” pintanya.

Kol Inf Murbianto juga menekankan melalui praktik Ilmu Medan, para Taruna diharapkan mampu mengaplikasikan pelajaran teori di kelas yang selama ini diberikan oleh para pelatih. Dalam kegiatan ini Taruna dengan penuh semangat melaksanakan latihan Materi Praktik Ilmu Medan/Navrat bersama Koordinator Materi (Kormat) Kapten Inf Tidjan.

Sebagai Koordinator materi Kapten Tidjan menyampaikan materi latihan dan praktik Ilmu Medan tersebut merupakan materi dari Latihan Perorangan Dasar (LPD). Para Taruna ini belajar cara membidik sudut kompas dengan tepat dan benar sesuai koordinat di medan sebenarnya.

“Ilmu ini sangat penting sebagai bekal apabila nanti telah menjadi prajurit dan mendapat tugas di medan tempur, tidak kehilangan arah dan dapat menguasai medan,” tegasnya.

Adapun materi praktik yaitu Resection atau menentukan kedudukan sendiri, mengerjakan persoalan TP (Titik Pangkal), GP (Garis Pangkal) dan Koordinat.

“Serta melaksanakan Jalan Peta/Kompas dan praktik Jalan Kompas malam,” ujar Kapten Tidjan selaku Kormat.

Penulis: Iwan
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...