Komandan Rindam IV/Diponegoro Pimpin Upacara Tradisi Pengukuhan Prajurit Infanteri

News

KLATEN, Suara Jelata-– Komandan Rindam IV/Diponegoro Kol Inf Tarsono, S.I.P.,M.M. resmi menutup tradisi Pengukuhan Prajurit Infanteri siswa Dikjurba If Abit Dikmaba TNI AD Tahun Anggaran 2020 (OV). Kegiatan dilaksanakan di lapangan Rowo Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (06/06/2021). Selaku Inspektur Upacara Kol Inf Tarsono, dan Komandan Upacara Lettu Inf Trimo Widodo.

Dalam upacara, Danrindam IV/Diponegoro membacakan amanat Danpussenif Mayor Jenderal TNI Arief Rahman, M.A. Disampaikan Latihan Yudha Wastu Pramuka dan Tradisi Pembaretan merupakan bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang prajurit infanteri. Kegiatan ini bertujuan memupuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan di antara sesama dan semangat kebersamaan di antara warga Korps. Infanteri.

Semboyan Yudha Wastu Pramuka yang mengandung arti sebagai pelaksana pertempuran terdepan dan jadi penentu kemenangan dalam pertempuran di darat.

“Oleh karena itu, dengan disahkannya penggunaan baret Infanteri ini, menuntut para prajurit sekalian. Untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan fisik dengan didukung semangat juang jiwa korsa. Serta kebanggaan yang tinggi terhadap kecabangan Infanteri sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta,” amanatnya.

Diamanatkan pula beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan seorang prajurit Infanteri. Pertama, mampu memelihara kebugaran fisik di atas kemampuan standar untuk selalu siap melaksanakan tugas setiap saat. Kedua, mahir melaksanakan gerakan perorangan dengan tangkas dihadapkan kepada aspek medan di lapangan.

Ketiga, mahir bernavigasi dan bermanuver dihadapkan kepada Taktik dan Teknik bertempur dalam hubungan perorangan, kelompok dan satuan.

“Keempat, mahir melaksanakan pertempuran perorangan sebagai prajurit petarung,” katanya.

Di akhir amanat disampaikan oleh Inspektur Upacara bahwa kepada Danrindam dan Dandodiklatpur beserta jajarannya, Danpussenif mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Yang telah berhasil mendidik, melatih dan membentuk Prajurit Infanteri dengan aman, tertib dan lancar.

Tampak hadir dalam upacara tersebut dari jajaran Rindam IV/Diponegoro yaitu Wadanrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Fajar Nugraha, Kabaglat Kolonel Inf Irfan, Dan Dodiklatpur Letkol Inf Ginda Muhammad Ginanjar. Juga Kabagum Letkol Arm Ahen Hermanto, Kabagdik Letkol Inf Triyono, Kabagjisnbang Letkol Inf Jasman, S.Pd, dan Kasi Pers Mayor Inf Sismiyanto.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: IwanEditor: Taqwa