Ketua Fara: Pemuda Merupakan Pemimpin Masa Depan

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Suara Jelata— Ketua Forum Aspirasi Rakyat Madura (Fara), Abdur Rahman, mengingatkan kepada pemuda bahwa pemuda merupakan pemimpin bagi masa depan.

Hal ini disampaikan ketika Fara merayakan anniversary ke IV yang bertempat di Pendopo Wakil Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Senin, (14/06/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Dikatakan oleh Arman, sapaan akrab pemuda asal Palengaan Pamekasan tersebut bahwa semenjak masa penjajah dimulai orde lama, orde baru, hingga pasca reformasi saat ini bahwa peran pemuda mengalami pergolakan sejarah dari tahun ke tahun.

“Pasca revolusi, Indonesia merdeka ketika Bung Karno diculik oleh kaum pemuda yang dipelopori oleh Ahmad Saleh yang kemudian memproklamirkan kemerdekaan Indonesia” katanya.

Aktivis HMI Pamekasan sekaligus Mahasiswa Pascasarjana IAIN Madura itu menuturkan bahwa dimensi partisipasi pemuda masing-masing berkembang kemudian ada revolusi yang menumbangkan orde baru yang dikenal dengan revolusi gerakan intelektual.

“Karenanya, pemuda hari ini merupakan pemimpin bagi masa depan, kita perlu ingat saudaraku, bahwa ideology tertinggi ialah dikhittohkan kepada kaum intelektual pemuda yang mau mengubah nasib menuju lebih baik” terang Arman yang juga pengusaha Kambing ini.

Oleh sebab itu, Arman mengingatkan teruntuk pemuda hari ini pentingnya meningkatkan kualitas serta mengutamakan kualitas diri agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan hanya mengandalkan sekertas ijazah, sebab ketika pulang jangan menjadi orang asing buat desanya sendiri. Itu yang dihasilkan ketika ngopi dan diskusi di cafe bahwa yang dijual di masyarakat bukan sekertas ijazah, tapi ilmu dan kualitas diri yang bisa diperjual belikan ke masyarakat” jelas Arman.

Dirinya pun berpesan kepada anak muda hari ini, bahwa pemuda yang hebat adalah pemuda yang mengevalusi dirinya setiap hari, sesuaikah yang diharapkan oleh Tuhan, kedua orang tua maupun masyarakat itu sendiri.

Acara berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan pembacaan doa, lagu Indonesia Raya dan sekaligus ditutup dengan penutup doa.

Acara tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rahman, Ketua DPMD Pamekasan, Ach. Faisol sebagai narasumber.

Selain itu dihadiri Duta Pemuda Kabupaten Sampang, Raudhatul Jannah sebagai moderator, Organisasi Cipayung Pamekasan, FMPB Palengaan, Pemuda Desa Ambat dan puluhan pemuda maupun mahasiswa Pamekasan.

Diketahui, Forum Aspirasi Rakyat Madura (Fara) resmi berdiri sejak pada 14 Juni 2018 yang memiliki orientasi memperjuangkan aspirasi masyarakat Madura terutama yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...