Apresiatif, Potensi Kampung Nila untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

News

MAGELANG, Suara Jelata– Danramil13/Mungkid Kapten Arm Mashudi Pitoyo menghadiri acara Sarasehan dan Temu Wicara. Acara itu terkait tentang pembinaan ketahanan pangan dengan petani ikan dalam rangka pembuatan Kampung Nila.

Kegiatan yang dihadiri oleh Staf Ahli Kemenkopolhukam Marsekal Muda TNI Acmad Sajili ini diapresiasi oleh Danramil 13/ Mungkid. Kegiatan dilangsungkan di Taman Atena Bojong Kojor, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (17/06/2021).

Tujuan digelarnya kegiatan tersebut  untuk menumbuhkan kebersamaan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan sektor perikanan. Muaranya untuk meningkatkan ketahanan pangan termasuk memecahkan permasalahan yang dihadapi petani ikan khususnya di wilayah Kecamatan Mungkid.

Dalam sambutannya Staf Ahli Kemenkopolhukam mengatakan, sektor pertanian diharapkan benar-benar bisa menjadi pendukung swasembada pangan. Menyikapi hal tersebut, untuk meningkatkan hasil yang maksimal para petani harus memperhatikan prosesnya.

“Dimulai pemilihan tempat dan pengolahan lahan, pemilihan benih dan perawatan hingga siap panen. Juga pemasaran menjadi hal mendasar dalam upaya peningkatan hasil para petani ikan,” papar Marsekal Muda Acmad Sajili.

Sementara itu Danramil 13/Mungkid pada kesempatan tersebut menyatakan sarasehan ini dimaksudkan untuk membangun sinergi dengan instansi pemerintah daerah dan juga para petani ikan di wilayah Kecamatan Mungkid.

Membantu petani kecil yang selama ini kurang akses terhadap sumber daya perikanan. Baik berkaitan dengan modal, pembinaan teknologi, penguatan kelembagaan hingga akses pasar melalui pendekatan pengelolaan usaha tani ikan.

“Kami mengapresiasi gagasan pembuatan Kampung Nila. Sebagai aparat kewilayahan, kami tentu akan selalu mendukung setiap program Pemerintah dalam upaya mewujudkan swasembada pangan,” ucap Kapten Mashudi Pitoyo.

Hadir pula dalam Sarasehan dan Temu Wicara tersebut Kapolsek Mungkid AKP M. Ahdi, S.H., Dinas Perikanan Kabupaten Magelang Sugianto, Kepala Desa Bojong Gamal Sarifudin. Serta perwakilan dari Kelompok Tani Mina Atena dan Kelompok Tani Mina Bersatu, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: IwanEditor: Taqwa