Gus Yusuf Minta Jajaran Polda Jateng Bentuk Tim Cyber Patroli Orang Kelaparan

  • Whatsapp

MAGELANG, Suara Jelata— Pimpinan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, K.H. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) meminta Polda Jawa Tengah (Jateng) membentuk Tim Cyber Patroli Orang Kelaparan.

Hal itu disampaikan dalam acara Penyerahan Bantuan Beras dari Polda Jateng untuk masyarakat, bertempat di Ponpes Tegalrejo. Rabu, (21/07/2021).

Bacaan Lainnya

Gus Yusuf mengatakan, dengan diterapkannya PPKM Darurat ini berdampak pada perekonomian masyarakat. Memang ada bantuan dari pemerintah untuk masyarakat, seperti BLT atau bantuan lain. Namun tidak sedikit warga masyarakat yang terdampak hingga terkendala atau kehilangan mata pencaharian.

“Mungkin bagi warga yang tinggal di suatu kampung bisa terdata oleh aparat setempat berdasarkan KK dan mendapat bantuan pemerintah. Namun, bagaimana yang perantau dan hanya kost di suatu wilayah? Maka saya minta para petugas patroli malam itu mencari orang yang belum makan hari itu” ucap Gus Yusuf.

Kiai kharismatik ini mengingatkan akan pesan Sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khatab, bahwa sebagai aparat pemerintah jangan tidur sebelum rakyatnya tidur pulas. Gus Yusuf mengungkapkan kejadian beberapa waktu lalu, dari seorang warga perantau. Orang itu memberanikan diri mengirim pesan via WhatsApp ke Gus Yusuf. Isinya menanyakan apakah Ponpes Tegalrejo memiliki beras yang bisa dibagikan untuk keluarganya.

“Ini sungguh mengetuk hati, karena saya yakin orang ini sudah ‘ditekan-tekanke’ (memberanikan diri-red) WA saya karena saking tidak ada bantuan untuknya” ungkap Gus Yusuf.

Permintaan dan usulan Gus Yusuf direspons baik oleh pihak Polda Jateng. Dalam kesempatan kegiatan tersebut, mewakili Kapolda, Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Mashudi, S.I.K., S.H., M.Hum mengapresiasi dan akan menindaklanjuti usulan tersebut.

“Usulan Gus Yusuf itu sangat bagus dan memberi inspirasi jajaran Kepolisian dan Forkopimda Jawa Tengah. Bahwa masih ada hal lain yang sangat bagus dalam menyukseskan program bantuan pemerintah kepada masyarakat” ungkap Kombes Pol Mashudi.

Dalam acara penyerahan Bantuan Beras Dalam Rangka PPKM Darurat Wilayah Jawa Tengah di Ponpes API tersebut diserahkan 7,5 ton beras untuk masyarakat dan bantuan lain. Selain itu juga dilaksanakan vaksinasi massal untuk pengasuh dan tenaga pendidik di perguruan Islam Tegalrejo.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Jateng, Perwakilan DPRD Jateng, Dandim 0705/Magelang, Kapolres Magelang.

Penulis: Iwan
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...