Warek I IAIM Sinjai Sampaikan Orasi Ilmiah Diwisuda XXVI, Bahas Era Society 5.0

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Dr. Ismail, M.Pd. memberikan orasi ilmiah dihadapan 233 Wisudawan/Wisudawati Program Sarjana Angkatan XXVI.

Bertempat di auditorium H. M. Amir Said IAIM Sinjai, prosesi wisuda tahap II ini dilaksanakan secara tatap muka dengan mewajibkan setiap orang untuk mengenakan masker di area kampus sebagai bagian panpel dalam mematuhi prokes Covid-19. Ahad, (29/08/2021).

Bacaan Lainnya

Orasi ilmiah yang disampaikan Dr. Ismail, disambut tepuk tangan meriah oleh wisudawan/wisudawati ketika Warek I IAIM Sinjai ini mengangkat topik Future Life Preparation (Persiapan Hidup di Masa Depan) dalam orasi ilmiahnya.

“Anak-anak ku sekalian, sebagai dosen saya harus menyampaikan bahwa sebagai manusia yang berpendidikan, kita semua harus mempersiapkan kelangsungan hidup kita di masa yang akan datang, dengan penuh persaingan ketat menuju era society 5.0,” katanya.

Disampaikan Dr. Ismail, dari hasil penelitian, tujuh soft skills penting untuk dimiliki pencari kerja atau orang yang ingin mengembangkan karirnya, “adalah keterampilan komunikasi, problem solving, kekuatan kerja tim, belajar sepanjang hayat, wirausaha, etika-moral-profesionalisme dan kepemimpinan,” tuturnya.

Tidak sampai disitu, sebelum mengakhiri orasinya, Warek I IAIM Sinjai juga menekankan kepada alumni baru IAIM Sinjai untuk dapat menjunjung tinggi sifat-sifat kejujuran dan terus meningkatkan keahlian, “Amanah/kejujuran merupakan puncak moralitas iman dan karakteristik yang paling menonjol dari orang-orang yang beriman,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) IAIM Sinjai, Drs. H. Zainuddin Fatbang, dalam sambutannya memberi jempol atas orasi ilmiah yang disampaikan Warek I IAIM Sinjai.

“Sudah banyak yang saya dengar orasi ilmiah, ternyata orasi orang Sinjai ini juga tidak kalah bagusnya dengan yang lain, saya makin optimis bahwa masa depan Kabupaten Sinjai di masa depan Insya Allah bisa lebih cemerlang dengan anak mudanya hari ini yang memiliki potensi,” sanjung Ketua BPH IAIM Sinjai.

Penulis: Fatahillah
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...