KUD Mina Lappa Adakan RAT, Unit Usahanya Alami Peningkatan

SINJAI, Suara Jelata–Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Lappa Sinjai, melangsungkan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021, yang berlangsung di Aula Serba Guna TPI Lappa, Kelurahan Lappa, Kabupaten Sinjai. Kamis, (06/01/2022).

M. Safri Sehu selaku Ketua KUD Mina Lappa melaporkan bahwa RAT menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap tahun untuk menerapkan prinsip koperasi.

“Salah satu potensi yang kami miliki di KUD Minal Lappa ini yaitu prinsip koperasi, kebersamaan dan kekeluargaan sehingga saat ini kami melakukan RAT tahunan sebagai wujud bahwa pengurus, pengawas, karyawan, dan anggota memiliki semangat kekeluargaan dan kebersamaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan salah satu dari dua Unit Usaha yang di kelola KUD Mina Lappa mengalami peningkatan.

“Unit usaha yang kami kelola yaitu ada 2 unit simpan pinjam UST dan TPSP. TPSP yang mulanya itu ada 6 tempat pelayanan sekarang sisa 4. Awalnya modalnya hanya 48 juta, sekarang ini walaupun hanya 4 tempat pelayanan, 48 juta ini sudah beralih menjadi 100 Juta dan itu beredar di masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Safri menjelaskan bahwa KUD Mina Lappa berdasarkan hasil pemeriksaan pengawas saat ini tidak memiliki utang dan bahkan berkontribusi memasukkan pendapatan hasil daerah dari usaha pelayanan jasa.

“Ada juga usaha yang primadona, berupa pelayanan jasa solar, dan alhamdulillah dari solar ini kami dari KUD jadi satu-satunya koperasi dari 140 an koperasi di Sinjai yang memasukkan pendapatan hasil daerah sekira 47 juta,” jelasnya.

Sementara itu, M. Darwis dari Dekopinda mengungkapkan apresiasi kepada KUD Mina Lappa atas progresnya dan berharap koperasi ini selalu hadir memberikan manfaat di tengah masyarakat terkhusus di lingkungan Lappa.

“Penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pengurus, pengawas dan anggota KUD Mina Lappa yang pada hari ini menjadi koperasi pertama yang melaksanakan RAT tahun buku 2021, ini adalah salah satu tanda baik atas progres atau perkembangannya, yang dulunya sekitar akhir Januari sekarang menjadi pertama. Artinya bahwa, kinerja daripada pengurus koperasi dan seluruh perangkatnya Alhamdulillah berjalan sesuai dengan tahapan,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Sabir Syur berharap kehadiran Koperasi di Lappa dapat di nikmati oleh Masyarakat.

“Kami dari Pemerintah tentu berharap, bahwa koperasi saat ini yang sudah menampakkan perkembangan dirinya dengan melakukan RAT lebih awal. Dan kita berharap bahwa komunikasi dan koordinasi dari pihak pengurus dan pengawas koperasi terhadap pemerintah sebagimana ini adalah mitra, pemerintah tidak bisa hadir tanpa dukungan masyarakat, di Koperasi ini kumpulan masyarakat, jadi keterlibatan ini sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan penghidupan masyarakat,” kuncinya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.