Pemda Sinjai Ikuti Peringatan OTODA Secara Daring

Sinjai, Suara Jelata—Peringatan hari Otonomi daerah (Otoda) XXVI (26) kembali digelar Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Senin, (25/42022).

Kegiatan yang digelar secara daring dan luring ini mengangkat tema “Dengan semangat otonomi daerah, kita wujudkan ASN yang proaktif d berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Tidak terkecuali, jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Sinjai yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Drs Akbar, mengikuti peringatan Otonom ini secara daring atau virtual dari Ruang pola kantor Bupati Sinjai.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro dalam sambutannya menuturkan esensi filosofis tujuan Otoda dengan mendelegasikan sebagian kewenangan dan urusan pemerintahan sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD.

“Hal ini bertujuan memacu percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah,” kata Suhajar Diantoro membacakan sambutan Mendagri Tito Karnavian.

Usai mengikuti peringatan XXVI Otoda tahun 2022, Sekda Sinjai Drs Akbar mengemukakan peringatan hari Otoda diharapkan dapat menjadi sebuah momentum dan cara untuk mengingat komitmen bersama membangun pemerintahan daerah yang bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kita berharap ini menjadi komitmen dan momentum secara bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Bagaimana kemandirian masing-masing daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” jelasnya.

Peringatan XXVI Otoda tahun 2022 turut di hadiri sejumlah perwakilan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Sinjai, mulai dari perwakilan Kapolres, Kajari dan Dandim 1424 Sinjai.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.