Pentingnya Izin Edar Produk Bagi UMKM, Pengabdian Masyarakat UTM Adakan Sosialisasi

Madura, Suara Jelata—Pengabdian Masyarakat merupakan program mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa semester 6 di Universitas Trunojoyo Madura.

Tahun ajaran 2022 semester genap. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (LPPM UTM) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi”.

Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa ketika terjun ke masyarakat.

Mahasiswa juga diharapkan untuk kreatif dalam mengembangkan keilmuan dan kemampuan yang sudah didapatkan di kampus.

Nadzifah Amilia, salah satu mahasiswi Hukum Bisnis Syariah, Fakultas Keislaman UTM dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ika Deefi Anna, S.T., M.T mengadakan sosialisasi izin edar produk bagi UMKM dan Kader PKK.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang (4/6).

“Sangat bagus dan bisa diterima dengan baik serta bisa dilanjutkan untuk beradaptasi dengan masyarakat” ujar Anis selaku Kader PKK.

Dia juga berpendapat mengenai sosialisasi ini sangatlah bermanfaat walaupun kita belum bisa paham sepenuhnya karena belum sempat praktek.

Program kerja yang dilaksanakan antara lain selain sosialisasi pengajuan izin edar produk adalah mengenai pengemasan produk, dan pemasaran online.

Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan agar menyingkat waktu dikarenakan kita jugu membutuhkan koordinasi dengan ibu-ibu PKK.

“Harapan kami semoga adanya mahasiswa-mahasiswi KKN ini menjadikan lebih kreatif dan ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan bisa dikembangan di masyarakat desa Dukuhklopo”. Ujar salah satu kader PKK.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para UMKM dan Kader PKK agar ke depannya jika membuat atau mengembangkan suatu produk harus ada izin edar karena merupakan suatu bentuk legalitas dan diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa tahu dan bisa mengurusnya secara mandiri.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.

Penulis: Nadzifah Amilia Ramadhanti, Mahasiswi Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura Asal Jombang, Jawa Timur