Advokat Magelang Kutuk Tindakan Tak Bermoral ASN Terhadap Wartawan

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Di era keterbukaan dan kemerdekaan pers saat ini ternyata masih terjadi tindak kekerasan terhadap wartawan, baik dilakukan oleh oknum penegak hukum, oknum pejabat penguasa maupun warga masyarakat. Seperti terjadi baru-baru ini yang sempat viral, terjadi lagi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Peristiwa tersebut menimpa wartawan Alexanews bernama Gusti Sevtian Gumilar dan Zaenal Mustofa. Keduanya diduga mendapat perilaku kekerasan dengan cara penyekapan dari salah satu oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Menurut Pengacara Magelang Roni Taufik Tafakkur, S.H., secara normatif, kemerdekaan pers telah dijamin secara expressis verbis oleh UU Pers UU No. 40 tahun 1999. Artinya sudah jelas amanah UU tersebut bahwa kemerdekaan pers dijamin UUD 1945.

“Tetapi faktanya masih ada tindak kekerasan terhadap insan pers yang sedang menjalankan profesinya sebagai jurnalis,” katanya di Kantor Advokat RTT & Partners Magelang.

Wakil Sekretaris DPC Peradi Magelang ini mengatakan, di era digital sekarang ini yang serba cepat dan transparan pers sangat dibutuhkan masyarakat. Para awak media menjadi ujung tombak mengabarkan kebenaran, sehingga bukan untuk diintimidasi dengan cara-cara kekerasan untuk tujuan mengaburkan suatu kenyataan.

“Saya sangat mengutuk keras terhadap bentuk-bentuk kekerasan yang dilakukan oknum ASN kepada wartawan media, seperti terjadi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Perbuatan ini sangat menyakitkan bagi seluruh insan pers,” kata pengacara yang juga Pengurus Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) Magelang Raya ini.

Roni berharap selalu terjalin sinergi antara insan pers dengan penegak hukum, dia pun berharap Polres Karawang segera mengusut tuntas dan transparan terkait motif tersebut dugaan penyekapan dan penganiayaan wartawan tersebut.

“Semoga segera ada pengusutan terhadap kasus tersebut, dan jangan sampai terulang lagi di mana pun,” pungkas Roni. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.