Peduli Stunting, Kecamatan Tegalrejo Luncurkan Program “Dahsat”

Berita | DAERAH
Camat Tegalrejo Syarif Hidayatulloh memberikan bantuan makanan tambahan kepada penderita stunting, Jumat (28/10/2022). (foto: Iwan SJ)

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Kepedulian pemerintah terhadap penderita stunting dilakukan dari pusat hingga tingkat bawah. Termasuk di wilayah Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang terus diupayakan pencegahan dan penanganan stunting dengan berbagai program.

Launching program “Dahsat” (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Kecamatan Tegalrejo dihadiri Camat, pejabat Forkopimcam dan lintas sektor. (foto: Iwan SJ)

Salah satu program dalam memberikan asupan gizi kepada anak-anak penderita stunting adalah diluncurkannya program “Dahsat” (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Kecamatan Tegalrejo. Launching program tersebut dibarengi dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Dahsat di Aula Kantor Kecamatan Tegalrejo, Jumat (28/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tegalrejo Syarif Hidayatulloh, Danramil 09/Tegalrejo Kapten Arm Sutikno, S.H., Kapolsek Tegalrejo diwakili Kanit Binmas Aiptu Sutisna. Juga hadir Kepala Puskesmas drg. Dya Puspita Sari, Kepala KUA Makmun R., Kepala DPU Tegalrejo Iswandi, Korwil Disdikbud Irfandi, S.Pd dan Ari dari BKKBN Tegalrejo.

Selain itu hadir pula perwakilan dari BRI Tegalrejo, perwakilan dari Bank Bapas 69 Tegalrejo, Kepala UPT se-Tegalrejo, PPKBD Tegalrejo, 20 mahasiswa KKN dari Universitas Almata Yogyakarta. Serta hadir 8 Kepala Desa penerima SK Dahsat dan 36 anak penderita stunting beserta ibunya.

Dalam kesempatan itu, Camat Tegalrejo Syarif Hidayatulloh menyampaikan terimakasih atas dukungan Forkopimcam dan lintas sektor serta masyarakat Tegalrejo. Yang mana telah mendukung program penanganan stunting di wilayahnya.

Camat Syarif mengatakan penyebab stunting ada empat faktor, yaitu pola makan, pola asuh, sanitasi dan air bersih.

“Kita berharap dengan adanya program Dahsat ini, kita dapat memberikan makanan tambahan kepada anak-anak penderita stunting. Sebagai upaya membantu perbaikan gizi anak dan ibu hamil,” tandasnya.

Usai launching program Dahsat, dilanjutkan penyerahan SK Dahsat oleh Camat Tegalrejo kepada 8 Kepala Desa di wilayah Kecamatan Tegalrejo. Kemudian juga dilakukan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 36 anak penderita stunting.

Di sela-sela kegiatan PMT, mewakili Kapolsek Tagalrejo, Kanit Binmas Aiptu Sutisna mengatakan pihaknya selalu mendukung upaya pemerintah dalam penanganan stunting di wilayah Tegalrejo.

“Kami berharap upaya-upaya yang dilakukan bersama lintas sektor, termasuk melalui program Dahsat ini, dapat menekan angka stunting di Kecamatan Tegalrejo,” ujar Aiptu Sutisna.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut berjalan lancar dan berakhir pukul 11.00 WIB. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.