Antisipasi Stok Darah Langka, IKD DPRD Kendal Gelar Donor Darah

Berita | DAERAH | Health & Fitness | Sosial

KENDAL JATENG, Suara Jelata Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD Kendal menggelar donor darah di Aula Gedung DPRD Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu (23/11/22). Kegiatan sosial ini guna mengantisipasi kelangkaan persediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kendal.

Ketua Ikatan Keluarga Dewan (IKD) Kendal, Af’idatul Budur mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk mengatasi kesulitan masyarakat saat mencari jenis darah tertentu. Sekaligus mengantisipasi stok darah di PMI yang menipis.

“Karena kami dapat masukan dan data darah di rumah sakit, masyarakat terkadang kesulitan mencari jenis golongan darah tertentu,” ujarnya.

Af’idatul Budur menyebutkan, kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Karena itu IKD Kendal menggandeng beberapa instansi dan PMI Kendal melakukan donor darah.

“Kegiatan baru sekali pasca pandemi Covid-19. Rencananya nanti setiap tiga bulan sekali kita adakan donor darah,” ucap Af’idatul Budur, istri dari Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota IKD, beberapa anggota DPRD Kendal dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana TNI Angkatan Darat (AD) Kodim 0715/Kendal.

Dokter Pelaksana dari PMI Cabang Kendal, dr. Agus Suwondo menyampaikan, untuk saat ini stok darah di PMI Cabang Kendal masih aman dan terpenuhi.

Dia menjelaskan, persediaan darah di PMI Cabang Kendal sampai Rabu (23/11/2022) tersedia 249 kantong. Terdiri dari golongan A sebanyak 62 kantong, golongan B sebanyak 52 kantong, golongan O sebanyak 114 kantong dan golongan AB sebanyak 21 kantong.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar rutin ikut donor darah, karena selain menyehatkan juga untuk mendukung stok darah tetap terjaga.

“Tentu syaratnya pendonor harus dalam kondisi bugar dan sehat, yang dinyatakan oleh tim kesehatan yang ditunjuk, sebelum mendonorkan darahnya,” pungkas dr. Agus. (Rozim)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.