Para Pencari Kerja Padati Job Fair 2022 Hari Pertama di Sinjai

News
Para pencari kerja yang memadati lokasi Job Fair 2022 di Wisma Hawai Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Job Fair 2022 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai mulai dibuka hari ini, Senin, (28/11/2022). Sejumlah pelamar kerja mulai datang memadati kegiatan tersebut yang dipusatkan di Wisma Hawai Sinjai.

Para pelamar kerja pria dan wanita mulai memadati lokasi. Mereka datang membawa berkas lamaran yang dibutuhkan.

Bagi yang belum memiliki kartu pencari kerja AK 1, Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai memfasilitasi penerbitan kartu AK1 di lokasi Job Fair.

Jika berkas semua sudah lengkap, para pelamar kerja berpencar mencari tenant perusahaan yang diinginkan. Selanjutnya ratusan pelamar kerja tersebut menyetorkan berkasnya dan melakukan registrasi pada perwakilan perusahaan yang berjaga di tiap tenant.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Temaga Kerja Kabupaten Sinjai, Ir. H. Ramlan Hamid mengutarakan bahwa antusias warga yang ingin mencari pekerjaan di Bursa Kerja/Job Fair di hari pertama ini sangat tinggi.

Terbukti ratusan pelamar antusias untuk mendatangi dan mencari tahu informasi lowongan kerja pada setiap tenant yang telah disiapkan oleh panitia.

“Di lokasi ini kita berikan kesempatan dari perusahaan pencari kerja untuk memaparkan secara umum apa yang diinginkan perusahaan dan lowongan apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Ramlan menyebutkan lowongan kerja yang tersedia dalam job fair kali ini mencapai ribuan. Perusahaan yang akan membuka lowongan kerja berkisar lebih dari 50 perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari sektor keuangan, jasa, retail, perhotelan dan masih banyak lagi.

“Informasi awal itu ada 50 perusahaan yang ikut, tetapi menjelang pembukaan, beberapa perusahaan kembali mendaftar dan tentu kita buka seluas-luasnya. Kebanyakan dari perusahaan yang akan mempekerjakan tenaga kerja di luar negeri seperti Jepang, Korea, Australia dan Malaysia,” kata Ramlan.

Pelaksanaan Job Fair ini berlangsung hingga hari Rabu, (30/11/2022). Kegiatan ini sebelumnya dibuka oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang dirangkaikan dengan Gebyar UMKM di Lapangan Sinjai Bersatu pada Sabtu, (26/11/2022).

Bupati ASA menuturkan, Job Fair yang dilaksanakan oleh Pemerintah tahun ini sangat tepat dan menjadi wadah bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sekaligus menjadi upaya pemerintah dalam menekan dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Sinjai.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: ZhEditor: Syah