Dosen UNM Ini Berikan Mesin Pemotong Padi Modifikasi ke Kelompok Tani di Sinjai

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Dalam rangka mengatasi permasalahan Kelompok Tani di Desa Palae, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Ini dalam bentuk memberi pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam memodifikasi mesin pemotong padi yang praktis dan esfisien waktu. Minggu, (4/7/2020).

Berita Lainnya

Badaruddin Anwar, Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) ini mengatakan bahwa melihat keterbatasan penggunaan alat pemotong bagi petani pada lahan terassering.

Karena sulitnya dijangkau oleh mobil pemotong padi menjadi tantangan tersendiri dalam merakit Alat pemotong padi yang portabel dan efisien yang dapat digunakan pada lahan terassering.

“Alat ini dapat membantu para petani di daerah Terassering. Kegiatan ini juga dapat membantu para petani sebagai sarana komunikasi antara kelompok tani, membantu petani dalam meningkatkan hasil tanaman dan memperkecil biaya operasional, memperpendek waktu dalam proses memotong padi, dan meningkatkan motivasi petani dalam mengolah hasil produknya” katanya.

Diharapkan melalui pelatihan ini, para petani dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam merakit Alat pemotong padi Termodfifikasi yang portabel dan efisien.

“Serta dapat melatih kelompok tani di desa lain dalam pembuatan mesin pemotong padi termodifikasi,” ujar Ketua tim dosen pengabdi PPM UNM ini.

Sartono, Kepala Desa Palae Mengatakan bahwa Kegiatan dan bantuan ini sangat bermanfaat bagi petani desa Palae.

“Akan menjadi spirit tertentu dalam membangun kemandirian warga melalui modifikasi alat untuk pertanian, apalagi struktur dan kondisi lahan yang terbatas dan berterassering.”kuncinya.

Hutomo

loading...
  • Whatsapp