Galeri Tanaman Dare Baca Sinjai, Bidik Pemasaran Tanaman Hias di Sulsel

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Salah satu langkah masyarakat di masa Pandemi Corona-19 untuk menambah penghasilan dengan membudidayakan tanaman hias.

Potensi budidaya tanaman hias menjadi potensi bisnis yang terbilang sangat mudah dan murah di masa pandemi.

Berita Lainnya

Para pencinta tanaman hias kini berkeliaran untuk mencari tanaman yang menarik untuk dipajang dipekarangan rumah ataupun halaman.

Salah satu yang dilakukan warga desa saukang, Awaluddin adil Ketua Kelompok Tani pemuda madani mengatakan, di masa pandemi kegiatan yang dilakukan dengan menanam tanaman hias dan tanaman bonsai, jenis buah-buahan dan Vanili untuk dijual.

” Ditengah pandemi Corona 19 perekonomian sangat sulit sehingga saya menekuni pekerjaan ini untuk menambah penghasilan keluarga namun tidak meninggalkan pekerjaan yang lainnya.” Ucapnya.

Lanjutnya, pekerjaan dilakukannya adalah hobi namun kelamaan banyak warga dari desa lain untuk membeli tanaman hias dan Bonsai serta menyediakan pot dan media tanam yang dibuatnya sehingga dianggap menjadi prospek bisnis jangka panjang.

” Sudah puluhan koleksi jenis tanaman yang ada di galeri Tanaman Dare baca, peminatnya pun kini meningkat drastis permintaan dari luar daerah sehingga kami harus ekstra tenaga untuk mencari tanam hias agar peminat leluasa untuk memilih.” katanya.

Selain berbelanja juga menikmati keindahan alam dan membaca dan belajar cara budidaya tanaman Ungkap Awal salah satu penggiat literasi ini.

Dia pun menambahkan, kedepan nantinya, Tanaman Hias yang kita kelola akan kita pasarkan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan sehingga mampu membesarkan nama kabupaten Sinjai karena di Sinjai punya banyak tanaman hias yang beraneka ragam jenisnya.

” Alhamdulillah, dari berbagai jenis tanaman hias, Bonsai dan buah kita manfaatkan limbah plastik untuk dijadikan media tanam sehingga Sinjai kedepan bisa menjadi sentra tanaman hias di Sulsel.” Kuncinya.

loading...
  • Whatsapp