Ketua DPRD Sinjai Ikuti Apel Besar Gerakan Pramuka

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sinjai, mengikuti Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-59 tahun 2020, berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lama. Jumat, (14/8/2020).

Apel tersebut, dipimpin oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), yang diikuti sejumlah pengurus Majelis Pembimbing Pramuka Cabang Sinjai, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai serta para pandega dan andalan Kwarcab Sinjai dari sembilan Kecamatan melalui sambungan Vidcon.

Bacaan Lainnya

Apel besar Gerakan Pramuka tersebut mengangkat tema “Peran gerakan pramuka ikut membantu penanggulangan bencana Covid-19 dan bela negara”.

Bupati ASA membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang dalam sambutannya mengatakan gerakan pendidikan kepanduan Praja Muda Karana, merupakan suatu organisasi pendidikan nonformal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal di Institusi-institusi pendidikan formal.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter, untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh kompenen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada, itulah sebabnya sejak terjadinya wabah Covid-19, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa para pramuka juga berusaha membangun hubungan komunikasi dan menjalin kerja sama dengan semua pihak, hal itu dilakukan agar gerakan pramuka dapat lebih efektif dan efisien dalam menjalankan fungsinya sebagi organisasi pendidikan yang berusaha membawa kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih cerah.

Terpisah, Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, berharap peringatan hari ulang tahun gerakan pramuka ini menjadi wadah bagi anak bangsa untuk terdepan bergerak dalam memajukan bangsa dan negara.

“Selamat Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke-59, tetap jaya Indonesiaku” kuncinya.

Takwa

loading...
  • Whatsapp