Wabup Sinjai Pimpin Aksi World Cleanup Day

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—  Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong, memimpin aksi World Cleanup Day” (WCD) atau aksi membersihkan lingkungan dari sampah di Pasar Sentral Sinjai,  Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (19/9/2020).

Gerakan massal yang mengangkat tema “Bersatu Untuk Indonesia Bersih” ini turut diikuti oleh Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Jeneberang II Provinsi Sulsel Muh. Amri, pimpinan Forkopimda,  Sekda Sinjai, pimpunan intansi vertikal,  BUMN/BUMD, para Kepala Perangkat Daerah dan  para Kabag Setdakab Sinjai.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia, A. Rosmiati Rustan mengatakan bahwa aksi sosial ini diikuti ratusan relawan yang berasal dari 63 elemen organisasi pencinta lingkungan dan organisasi kelembagaan Kabupaten Sinjai.

“Kegiatan ini kita bagi di empat titik yaitu di Pasar Sentral bagian atas,  Pasar Sentral Bawah, Pasar Biringere dan Kompleks TPI Lappa.  Hal ini untuk menghindari kerumunan dan protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” katanya.

Wakil Bupati Sinjai menjelaskan bahwa WCD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak sampah terhadap lingkungan, karena sampah merupakan persoalan global yang dihadapi semua negara di Dunia.

“Aksi World Clean Up ini merupakan momentum untuk mengajak seluruh komponen yang ada di  Sinjai untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah sampah. Kita harus laksanakan gerakan WCD secara rutin guna menjadikan lingkungan bersih, aman dan nyaman,’’ terangnya.

Gerakan ini dapat memberikan harapan yang besar dan membawa dampak positif untuk mengajak masyarakat agar tetap peduli, sadar dan kritis terhadap lingkungan sekitar untuk menuju Indonesia bebas sampah 2025.

Pada kesempatan itu, Andi Kartini juga memberikan apresiasi tinggi kepada Forkopimda,  Aparat Pemkab, komunitas dan pemerhati lingkungan dengan sukarela dan penuh kepedulian membersihkan sampah.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak sampah terhadap lingkungan dan menjadi sebuah gerakan masif agar bersih dan bebas sampah. Ini kesadaran dan tanggungjawab bersama. Aksi momen World Cleanup Day ini memang hanya salah satu langkah dari agenda berkelanjutan mengatasi masalah sampah,”pungkasnya.

Aksi sosial Global tahunan yang dilaksanakan serentak ini melibatkan 187 negara, 34 provinsi dan khusus di Sinjai dilaksanakan di 9 Kecamatan.

loading...
  • Whatsapp