HMI Sinjai Gembok Kantor Mandala Finance, Pegawainya Disuruh Pulang

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sinjai, melangsungkan aksi unjuk rasa di Kantor PT. Mandala Finance Cabang Sinjai setelah dari Kantor PTSP Sinjai. Senin, (12/10/2020).

Hal tersebut dilakukan, karena HMI Sinjai, menyayangkan sikap PT. Mandala Finance, melakukan PHK kepada pekerja lokal.

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaanya, massa aksi berorasi secara bergantian, tidak hanya itu, peserta aksi juga menyegel Kantor PT. Mandala Finance yang terletak di Jalan Sungai Tangka, Kecamatan Sinjai Utara dengan mengunakan gembok.

Pegawai Kantor yang sementara beraktifitas pun diminta oleh Mahasiswa untuk meninggalkan kantor.

Ketua HMI Cabang Sinjai, Anis, mengatakan, apa yang dilakukan oleh PT. Mandala Finance, dengan memberikan PHK kepada Karyawan lokal, itu cacat administrasi.

“Mengingat surat PHK, sebelumnya harus ada Surat Peringatan (SP) sampai SP 3, tetapi apa yang dilakukan oleh PT. Mandala, langsung surat PHK,” ujarnya.

Pihaknya juga, mengindikasi PT. Mandala Finance mendiskriminasi karyawan lokal, yang mestinya diberdayakan agar mampu mencegah pengangguran seperti Visi misi Bupati Sinjai.

“Perlu kita ketahui, bahwa PT. Mandala Finance mencari dan beroprasi di Sinjai, jadi kami meminta PT. Mandala Finance untuk memperhatikan masyarakat Sinjai untuk diberdayakan,” tuturnya.

Lanjut Anis, menuturkan pihaknya menyegel Kantor PT. Mandala Finance, karena menurutnya izin PT. Mandala Finance sudah berakhir 1 September.

Sementara itu, media ini mencoba untuk meminta keterangan dari Pimpinan Kantor, namun tidak bisa ditemui dengan alasan tidak berada di Kabupaten Sinjai.

“Pimpinan sementara perjalanan dari Makassar menuju Sinjai, ” kata salah satu Satpam Mandala Finance, Abdul Rahman.

Hingga berita ini diturunkan, Massa HMI kembali melanjutkan aksi di Kantor DPRD Sinjai dengan tuntutan yang sama.

Sebelumnya BR (karyawan) di PHK pada 1 Oktober 2020 lalu, Kepala Pinca PT. Mandala Finance Sinjai, Fahril menuturkan dengan alasan ada pengurangan karyawan dengan adanya Pandemi Corona saat ini yang berimbas pada kondisi manajemen perusahaan.

Takwa Ainun

loading...
  • Whatsapp