Dinas PUPR Sinjai Respon Cepat Keluhan Rusaknya Infrastruktur

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) meninjau kondisi jalan di Dusun Mattirotasi, Desa Batubelerang, Kecamatan Sinjai Borong. Jumat, (27/11/2020).

Peninjauan dilakukan lantaran badan jalan di lokasi tersebut dikabarkan rusak akibat diguyur hujan deras sehari sebelumnya, Kamis 26 November 2020 kemarin.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PUPR Sinjai, Andi Taufik Saleh didampingi Pelaksana Tugas Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Sinjai, Andi Najamuddin turun langsung melihat kerusakan jalan tersebut.

Di saat yang sama, Dinas PUPR Sinjai menginstruksikan kepada pihak kontraktor untuk melakukan perbaikan.

“Mereka (kontraktor) kita perintahkan untuk melakukan pembersihan pada saluran air, pembersihan material yang berserakan di badan jalan, dan memperbaiki semua kerusakan,” kata Andi Najamuddin.

Andi Najamuddin menjelaskan penyebab kerusakan beberapa meter jalan dan talud di lokasi itu.

“Kerusakan ini karena hujan deras yang terjadi pada hari Kamis sore. Dari hasil pengecekan, ada tumpukan material pekerjaan pada saluran drainase. Tumpukan inilah yang menghambat aliran air hingga melimpah masuk ke bahu dan badan jalan, sehingga menggerus pondasi jalan dan dinding proteksi bahu jalan yang berfungsi sebagai dinding saluran,” ujarnya.

Andi Najamuddin menyayangkan adanya tumpukan material di dalam saluran air. “Meski pekerjaan saluran masih dalam proses penyelesaian namun idealnya saluran disesuaikan dengan kondisi lapangan, apalagi daerah Sinjai Borong curah hujannya tinggi,” sambung Najamuddin.

Najamuddin juga membantah kabar adanya talud yang ambruk.

“Jadi tidak ada talud yang ambruk, mungkin karena sisa material yang berhamburan akibat gerusan air yang deras, sehingga sebagian masyarakat menggangap taludnya yang ambruk,” tegas Andi Najamuddin.

Diketahui, jalan poros Mattirotasi baru rampung dihotmix. Jalan tersebut akhirnya mulus di era pemerintahan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) setelah puluhan tahun warga setempat mengeluhkan kondisi jalan yang sulit dilalui kendaraan.

Mulusnya jalan tersebut pun disambut gembira dan rasa syukur warga karena akses transportasi mereka setiap hari menjadi lancar termasuk untuk mengangkut barang dan hasil pertanian -warga mengaku tak terkendala jalan rusak lagi.

Terkait beberapa meter jalan di jalan poros Matirotasi yang kini rusak akibat diguyur hujan deras, pihak pelaksana proyek berjanji untuk segera melakukan pembersihan dan perbaikan aspal yang rusak, termasuk melakukan pengecoran pada bahu jalan dan membuat saluran air di lokasi tersebut.

Zh

loading...
  • Whatsapp