Sinjai Dianugerahi Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2020

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Kabupaten Sinjai kembali menerima penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM tahun 2020.

Pemberian penghargaan ini bertepatan pada peringatan Hari HAM sedunia ke 72 di serahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah atas nama Menteri hukum dan HAM Republik Indonesia
berlangsung di Sandeq Ballroom C, Hotel Claro, Makassar.
Senin, (14/12/2020).

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia tahun ini mengangkat tema “Recover Better Stand Up For Human Rights”.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyampaikan selamat melalui virtual kepada provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah memperoleh predikat peduli HAM.

“Selamat dan terima kasih kepada para gubernur sebagai pembina HAM di daerahnya semoga semua ini bisa dipertahankan di masa yang akan datang, ” ujar Yasonna di saksikan Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar, M. Si yang hadir mewakili Bupati Sinjai yang menerima penghargaan ini mengatakan penghargaan tersebut diberikan atas upaya dan keberhasilan Kabupaten Sinjai atas upaya dan keberhasilannya dalam pemenuhan dan pelayanan publik.

Tujuan dari penganugerahan Kabupaten/kota peduli HAM yaitu untuk memotivasi pemerintah daerah Kabupaten atau kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM serta untuk meningkatkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah kabupaten atau kota.

Capaian predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM menurut Akbar mengutip penjelasan bupati bahwa upaya ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh OPD dan lembaga terkait sehingga sinjai kembali berhasil memperoleh penghargaan untuk kedua kalinya sejak 2015 lalu.

Sinjai mampu mempertahankan predikat Kabupaten Peduli HAM tentunya dari hasil kerja keras bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

“Saya kira ini menjadi motivasi bagi kita di sinjai apalagi penghargaan ini adalah penghargaan kedua kali. Bagi OPD saya harap jangan lengah dengan capaian ini, masih banyak sektor yang harus dibenahi dan tentunya saya juga meminta dukungan masyarakat untuk bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik lagi.” bebernya.

Semoga dengan penghargaan ini, Kabupaten Sinjai dapat membangun daerah di semua bidang dengan senantiasa mengacu pada konsep dasar atas HAM.

“Intinya bahwa peduli HAM ini adalah upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan peran dan tanggungjawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia,” ujar Akbar.

Sekedar di ketahui, penyerahan predikat peduli HAM kabupaten/kota di Sulawesi Selatan sebanyak 14 kabupaten/kota, diantaranya kabupaten Sinjai, Barru, Luwu Utara, Soppeng dan Kabupaten Bone.

Zh

  • Whatsapp
loading...