Melalui Pelatihan Jurnalistik, KNPI Sinjai Ajak Warga Pulau Sembilan Tangkal Hoax

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Pimpinan Redaksi Media Online Suara Jelata, Muh. Izhar, menjadi narasumber pada pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Pulau Sembilan.

Bertempat di Aula Kantor Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Selasa, (15/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dikuti oleh puluhan masyarakat Pulau Sembilan dan dihadiri Camat Pulau Sembilan, Syahrul Paesa, Kapolsek Pulau Sembilan, AIPDA. Sasmito, Ketua KNPI Sinjai, Satria Ramli, Kadis PMD Sinjai, Yuhadi, BPD Desa Pulau harapan, Mahasiswa KKN UNM Makassar.

Diketahui, Pemateri pada kegiatan ini adalah pengurus DPD KNPI Sinjai bidang Publikasi dan Humas.

Ketua DPK KNPI Pulau Sembilan, Mahatir mengungkapkan bahwa kegiatan jurnalistik tidak pernah terlepas dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalis ini, dirinya berharap kepada peserta khususnya pemuda bisa melahirkan sebuah tulisan membangun pada sektor kepemudaan.

“Saya berharap setelah kegiatan latihan jurnalistik ini pemuda pulau harapan bisa melahirkan sebuah tulisan dalam bentuk berita, tak kalah penting, agar peserta mampu memahami sebuah pemberitaan agar tidak gagal paham dalam menanggapi,” harapnya.

Lainnya, Kepala Desa Pulau Harapan, Harsan, menuturkan dengan dilaksanakannya Pelatihan jurnalisme ini, dapat menjadi acuan untuk membuat suatu berita dengan berimbang dan baik serta tidak membuat berita bohong atau fitnah.

“Inti daripada kegiatan ini saya ingin melihat bahwa warga di Desa Pulau Harapan ini cerdas dalam mengelola informasi sebagai salah satu upaya untuk memerangi berita hoax,” tuturnya.

Sementara itu, dalam materinya, Muh. Izhar, menyampaikan kepada seluruh peserta, untuk bijak dalam bersosial media.

“Mari bersikap bijak dalam bersosial media. Sebelum membagikan suatu berita, pastikan apakah berita tersebut sumbernya akurat dan terpercaya, supaya berita yang kita bagikan bukan Hoax,” kuncinya.

Taqwa

  • Whatsapp
loading...