Wujudkan Program Pemberdayaan, Baznas Sinjai Siapkan Boks dan Modal Usaha Untuk Pelaku Usaha Kecil

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Diakhir tahun 2020 ini, Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Sinjai mewujudkan program pemberdayaan ekonomi melalui pembagian boks jualan untuk pelaku usaha kecil yang ada di Sinjai. Senin (28/12/2020).

Sebagai tahap awal Baznas Sinjai akan memberikan sebanyak lima boks jualan kepada warga Sinjai yang memiliki rintisan usaha kecil.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir saat ditemui, mengatakan, pembagian boks jualan merupakan bagian dari program pemberdayaan ekonomi yang telah di launching oleh Baznas Sinjai beberapa waktu lalu.

“Zakat itu ada dua poin penting yang harus diperhatikan yaitu zakat produktif dan zakat konsumtif. Zakat produktif itu adalah penyaluran zakat yang diharapkan bisa dikembangkan, salah satunya melalui pembagian boks jualan kepada mustahik,” katanya.

Bukan hanya itu, mereka yang mendapatkan bantuan boks jualan ini juga akan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp. 2,5 juta per orang agar usaha yang telah dirintis bisa semakin berkembang.

Hal yang mendasari sehingga Baznas Sinjai mencetuskan program ini, karena semakin menjamurnya usaha kecil di Sinjai yang menggunakan boks mini.

“Awalnya kita rencanakan membuat 10 boks namun karena keterbatasan dana sehingga untuk tahap awal ini kita siapkan 5 boks jualan,” jelasnya.

Program ini kata Ahmad, direspon baik oleh warga di Sinjai dengan banyaknya proposal dari pengusaha kecil yang diterima Baznas untuk mendapatkan bantuan ini.

“Alhamdulillah banyak permintaan yang kita terima dan kita menyaring permintaan itu secara ketat, yang betul-betul mau memanfaatkan bantuan ini,” katanya.

Jika pemberian boks jualan dinilai berhasil, Baznas Sinjai kembali melanjutkan program ini di tahun 2021. Ia pun mengajak kepada OPD terkait untuk berkolaborasi dalam mengembangkan usaha yang dijalankan oleh masyarakat melalui boks jualan.

“Kita harapkan kedepan setelah menerima boks jualan ini, mereka bisa sukses dan memiliki kecukupan dana untuk juga bisa memberi infak dan mengeluarkan zakatnya,” jelasnya.

Rencananya pembagian boks ini akan diserahkan dalam waktu dekat kepada pengusaha kecil atau mustahik yang berhak mendapatkan bantuan ini.

Program yang dilaksanakan Baznas Sinjai ini sejalan dengan program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam menciptakan 1000 wirausaha baru dan 10 ribu lapangan kerja.

Zhar

  • Whatsapp
loading...