Luar Biasa, Kolaborasi Mahasiswa, Karang Taruna dan Rumah Dongeng di Lamatti Rilau

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKN-P) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai Angkatan XXVI melakukan kerja sama dengan pemuda Karang Taruna Lamatti Rilau dalam perealisasian program kerjanya. Kamis, (25/02/2021).

Program yang dilakukan, yakni menjadikan kegiatan literasi sebagai kebiasaan yang menyenangkan dikalangan anak-anak yang ada di TK/TPA Abu Hurairah Lingkungan Onrong Datu yang juga merupakan binaan dari Karang Taruna Lamatti Rilau.

Bacaan Lainnya

Informasi yang diterima, dalam kegiatan literasi ini tidak hanya dari unsur mahasiswa KKNP dan Karang Taruna, melainkan juga hadir pihak pengelola Layanan Perpustakaan dan Dongeng Keliling Kabupaten Sinjai untuk hadir dalam kegiatan literasi tersebut.

Dikatakan, Muhsin salah satu pengurus Karang Taruna, jika terdapat beberapa agenda dalam kegiatan ini diantaranya menyanyi bersama, mendongeng, membaca buku dan pemberian penghargaan kepada anak yang tampil untuk membaca buku.

“Kita berharap kehadiran mahasiswa KKNP IAIM Sinjai juga turut memberikan andil terutama dalam pendidikan olehnya itu dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan keceriaan dan semangat membaca bagi anak-anak , apalgi selama pandemi ini adalah yang pertama kali diadakan,” jelas Muhsin.

Lanjut Muhsin alumni S2 IAIM Sinjai, yang saat ini menjadi dosen sekaligus sebagai Kabid Pendidikan Karang Taruna Lamatti Rilau menyampaikan jika dalam kesempatan ini, juga dihadiri Kasi Layanan, Jusri, Kasi Promosi Perpustakaan Andi Zainal dan Kasi Jaringan dan TIK, Kurnia.

Kasi Layanan, Jusri menjelaskan jika program Pusdongkel adalah program layanan perpustakaan dan Dongeng keliling yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bermitra dengan Rumah Dongeng Sinjai.

Dijelaskannya, bahwa program ini dimulai sejak Januari 2019, yang bertujuan menarik perhatian dan minat baca dikalangan anak anak, sebab dongeng menjadi salah satu caranya. Selain itu dijelaskannya dongeng juga bisa membuat anak anak berimajinasi dan berfikir cerdas dan kritis.

“Insya Allah jika mahasiswa KKN-P IAIM meminta kami, kami akan mendatangi lokasi permintaan dengan memasukkan permohonan terlebih dahulu karena harus menyesuaikan jadwal yang sudah ada,” jelas Jusri.

Diketahui Kegiatan ini juga terlaksana berkat kerjasama dari Rumah Dongeng Sinjai, Mirfayani Mirsal, Penyuluh Agama Kelurahan Lamatti Rilau kec. Sinjai Utara, Kamriana dan Pembina TK/TPA Abu Hurairah, Dra. Nurlaela yang juga sebagai guru MTs Negeri Panreng serta Pengurus TK/TPA Abu Hurairah.

Fatahillah

  • Whatsapp
loading...