Ustadz Hasyim Asyari dalam Khutbah Shalat Id: Bersyukur Merupakan Hakikat Kemenangan di Idul Fitri

  • Whatsapp

SUMENEP, Suara Jelata— Masjid Darussalam yang beralamat di Jalan Pangarangan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan Shalat Idul Fitri (Id) di tanah lapang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes). Kamis, (13/05/2021).

Shalat Idul Fitri yang diikuti oleh ratusan jemaah warga Sumenep di tanah lapang Masjid Darussalam yang berada dibawah naungan Muhamadiyah ini berlangsung dengan khidmat.

Bacaan Lainnya

Khutbah shalat Id diisi langsung oleh Ustadz Hasyim Asyari, M. AG. Dengan penuh khidmat dalam lantunan takbir, ratusan jamaah terlihat seksama dalam mengikuti siraman rohani yang disampaikan.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Hasyim Asyari mengatakan hari kemenangan Idul Fitri merupakan momentum untuk mengejawantahkan rasa syukur dan bahagia kepada Allah SWT.

“Syukur adalah puncak dari puasa, sebab dengan bersyukur di hari kemenangan Idul Fitri ini, hamba Allah akan mengikhlaskan apapun yang diberikan oleh Allah, itulah puncak kemenangan takwa dari hamba Allah” kata Ustadz Hasyim Asyari saat memulai khotbah shalat Id.

Dirinya menjelaskan, bahwa orang puasa yang bersyukur akan menjaga kelembutan hati, begitu mengalami musibah, apapun yang terjadi bentuknya akan pasrah ke Allah, karena itulah syukur adalah puncak tujuan puasa.

“Hari ini merupakan hari kemenangan dan hari berbahagia bagi umat Islam, tidak boleh ada orang yang tidak berbahagia. Karena semua makhluk bertasbih dan memuji kepada Allah” ucap Ustad Hasyim Asyari dengan nada tinggi.

Dirinya pun berpesan terhadap ratusan jemaah yang hadir, agar jangan sampai kita merasa berbahagia, namun tidak mengetahui hakikat yang memberikan kita kebahagiaan.

“Jangan sampai kita merasa bahagia namun tidak berfikir dari mana nikmat dan anugerah yang diberikan, tentunya itu semuanya adalah dari Allah bagi orang-orang yang berfikir. Pujilah Allah dan ucapkan Allah disetiap lisan kita” tandas Hasyim Asyari.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...