Adakan Kemilau Santri, Pemerintah Desa Plakpak Pamekasan Beri Apresiasi

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Suara Jelata— Ikatan Santri dan Alumni Plakpak (INSAP) melanjutkan agenda Kemilau Santri dengan Cabang Kegiatan Lomba antar Surau dan Lembaga se-Desa Plakpak yang bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Usuluddin (STIU) Al-Mujtama’ Plakpak. Selasa, (18/05/2021) kemarin.

Acara lanjutan dari Kemilau Santri itu diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai Surau dan Lembaga se-Desa Plakpak dengan beberapa cabang lomba, seperti lomba tahfid juz 30, tilawatil qur’an dan doa-doa yang dilaksanakan secara serentak kemarin, mulai dari pembukaan, acara lomba dan penutupan.

Bacaan Lainnya

Pada saat pembukaan acara lomba, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat INSAP, Ali Wafa mengatakan bahwa lomba antar surau dan lembaga yang diselenggarakan oleh INSAP tersebut adalah upaya untuk memfasilitasi peserta didik dalam dalam berkompetisi untuk mengetahui kompetensi masing-masing peserta didik yang mengikuti lomba tersebut.

“INSAP hanya berupaya memberikan sumbangsih di dunia pendidikan, agar adek-adek santri bisa berkompetisi untuk mengetahui kompetenai diri masing-masing” kata Ali Wafa, mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Madura ini. Rabu, (19/05/2021).

Lebih lanjut, Ali, sapaan akrabnya menuturkan bahwa sang juara nanti harus mampu mempertahankan dan semakin giat belajar, sedangkan yang tidak juara sebenarnya dengan mengikuti lomba ini, kata dia, sudah juara ketimbang mereka yang tidak mengikuti lomba.

“Tetap semangat belajar dan harus semakin berkembang” terang Ali.

Sementara, perwakilan dari Kepala Desa, Ach. Fauzan mengatakan, bahwa dari dulu INSAP selalu mampu memberi warna di Desa Plakpak.

“Ya diantaranya dengan adanya lomba antar surau dan lembaga, yang sudah rutin dilaksanakan oleh INSAP dan beberapa agenda lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat Plakpak tentunya” imbuh Fauzan, sapaan akrabnya.

Fauzan yang juga diamanahi untuk membuka acara lomba antar surau dan lembaga tersebut, menambahkan bahwa sejak dulu INSAP selalu mampu memberi warna di Desa Plakpak.

“Kami dari Pemerintahan Desa sangat mengapresiasi agenda Kemilau Santri ini, dengan beberapa cabang kegiatan didalamnya, yang sepertinya sudah mampu menyentuh sendi-sendi tertentu” ucapnya.

Seperti dibidang pendidikan, tambah Fauzan, mereka mengadakan Pelatihan Desain Grafis dan Videografi kemarin. Saat ini lomba dibidang keagamaan, mereka mengadakan khotmil Qur’an dan serasehan Islami, ini sudah terlaksana kemarin. Sedangkan dibidang sosial mereka akan melaksanakan Khitanan Masalah dihari sabtu mendatang.

Diketahui, Kemilau Santri adalah Kegiatan yang diadakan oleh INSAP dengan beberapa cabang kegiatan seperti Pelatihan Desain Grafis dan Videografi, Khotmil Qur’an, Serasehan Islami dan Buka Bersama, Lomba Antar Santri Putra dan Putri, Lomba Antar Surau dan Lembaga dan Khitanan Massal.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...