Hari Terakhir Galang Dana, HMI IAIN Madura Orasi Kebangsaan dan Bela Palestina

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Suara Jelata— Puluhan aktivis yang tergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan Komisariat IAIN Madura mengadakan aksi galang peduli Palestina.

Aksi galang dana yang dilakukan oleh HMI IAIN Madura terdiri dari Komisariat Tarbiyah dan Insan Cita merupakan hari penggalangan dana yang terakhir selama 3 hari dari 31 Mei – 2 Juni 2021 dengan jam kondisional.

Bacaan Lainnya

Aksi galang dana bertempat di Sebelah Barat Perpustakaan Umum, Jalan Jokotole, Pamekasan, Madura, Provinsi Jawa Timur. Rabu, (02/06/2021).

Dengan berdiri di pinggir jalan dibawah terik panas matahari sambil membawakan kardus galang dana yang bertuliskan “Peduli Palestina” para aktivis HMI ini melakukan orasi bela Palestina dan kebangsaan secara bergantian.

Salah satu koordinator lapangan (korlap), Hanafi, mengatakan hari terakhir ini juga merupakan momen memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh hari kemarin.

“Kemarin kita telah merayakan hari lahir Pancasila, maka sekarang pula merupakan refleksi implementasi dalam menyuarakan hak-hak kemanusiaan dalam perdamaian internasional, yakni salah satunya bagi Palestina” teriak Hanafi mahasiswa IAIN Madura ini.

Dijelaskannya, bahwa kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari sumbangsih negara Palestina sebagai salah satu negara yang awal mengakui kemerdekaannya.

“Orasi bela Palestina ini merupakan momen kita pula dalam merefleksikan hari lahir Pancasila, sebab dalam amanah UUD, Indonesia memiliki kewajiban untuk berperan aktif dalam menciptakan perdamaian internasional” tegas Hanafi.

Karena itulah, tambah dia, aksi galang dana ini merupakan salah satu nilai-nilai dalam mengimplementasikan Pancasila untuk peduli secara kemanusiaan.

Sementara Ketua Umum HMI Tarbiyah IAIN Madura, Royhain Ikbal yang juga hadir di tengah massa aksi galang dana mengatakan Indonesia memiliki kewajiban dalam membantu Palestina.

“Sebab Indonesia juga berhutang budi ke Palestina sebagai salah satu negara yang mengakui kemerdekaannya” kata Ikbal, sapaan akrabnya.

Tidak lupa, Ikbal berterima kasih kepada warga Pamekasan yang telah menyisihkan sebagian rezekinya dalam membantu Palestina.

“Terima kasih warga Pamekasan, tidak lain ini demi kepentingan rakyat tertindas khususnya di Palestina yang telah banyak menewaskan korban, baik warga sipil, anak-anak maupun ibu-ibu hamil” tutupnya.

Diketahui, hasil aksi galang dana akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Pamekasan oleh Kabid PTKP HMI IAIN Madura.

Penulis: Hanafi
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...