Kerajinan Tangan PKK Sinjai Raih Juara Tingkat Sulsel

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Kabupaten Sinjai, kembali menorehkan prestasi dengan meraih juara tiga pada pameran Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Olehnya itu, membawa pulang uang tunai sebesar Rp. 4 juta rupiah.

Kepala Bidang Kelembagaan Dinas PMD, Sukmawati mengatakan, kegiatan HKG PKK ini berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 1 sampai 4 Juni 2021, di Four Points by Sheraton Makassar, Jalan Andi Djemma.

Bacaan Lainnya

Sekaligus, dirangkaikan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Se- Sulsel, yang dihadiri oleh beberapa ketua penggerak PKK.

“Pameran ini diikuti semua PKK Kabupaten/Kota se-Sulawesi, di mana yang mendapatkan juara pertama adalahBone, juara dua Enrekang dan Alhamdulillah Sinjai juara tiga, sehingga memperoleh uang tunai Rp. 4 juta rupiah,” jelas Sukmawati, di Kantor Dinas PMD. Selasa, (08/06/2021).

Ia menjelaskan, yang dipamerkan Sinjai merupakan hasil kerajinan tangan anggota PKK Sinjai seperti, rajutan dari benang wol, dirajut menjadi tempat tisu, nampang baki, pot bunga, juga bosara yang merupakan ciri khas Kabupaten Sinjai.

Selain itu tambah Sukmawati, Sinjai juga menampilkan olahan ikan seperti baso ikan, abon ikan. Tidak lupa, kerupuk Poto-Poto dan buah markisa bekerja sama dengan Disperindag

“Rajutan dengan bahan benang wol ini,  sepertinya menjadi satu penilaian untuk Kab. Sinjai sekaligus, olahan ikan yang disajikan. Apalagi Kab. Sinjai terkenal dengan hasil lautnya utamanya ikan,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, sedangkan Bone selain hasil kerajinan tangan juga menyajikan berbagai olahan makakan seperti, telur asin, sekaligus yang menjadi rebutan beberapa tamu adalah keripik sukunnya, karena diketahui Kab. Bone terkenal dengan buah sukunnya.

Selanjutnya untuk Enrekang beber, Sukmawati, yang menjadi favorit adalah olahan daun kelornya dan Sengkang yang meraih juara empat dengan kain tenun sutranya.

Penulis: TA
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...