Tingkatkan Literasi Sejak Dini, Dinas Perpustakaan Sulsel Lirik Rumah Dongeng Sinjai

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengunjungi Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Dongeng Sinjai. Kamis, (17/06/2021).

Kedatangan Dinas Perpustakan dan Kearsipan Sulsel di TBM Rumah Dongeng Sinjai, untuk melihat kegiatan yang dilakukan Rumah Dongeng Sinjai.

Bacaan Lainnya

Kordinator Dinas Perpustakan dan Kearsipan Sulsel, Sitti Aliyah, mengatakan pihaknya mengujungi Rumah Dongeng Sinjai, untuk  melihat kegiatan apa yang dilakukan taman baca ini.

“Karena kita di Perpustakaan tujuanya bukan hanya untuk membaca, tapi kita upayakan supaya perpustakaan itu bisa berkegiatan  untuk masyarakat terutama Anak-anak,” katanya.

Setelah melihat Rumah Dongeng Sinjai, kata Sitti Aliyah, mengaku taman baca ini sangat menarik, karena mampu meningkatkan literasi sejak dini.

“Rumah Dongen Sinjai, sangat menarik, karena mempunyai fasilitas buku bacaan untuk anak-anak yang bisa dikatakan lengkap,” tuturnya.

Dirinya berharap kedepannya, lebih banyak kegiatan yang bisa melibatkan anak-anak.

“Kunjungan ini menjadi tahap awal, kedepanya kami akan melakukan kolaborasi bersama Rumah Dongen Sinjai,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Ketua Rumah Dongeng Sinjai, Mirfayani Mirsal, memaparkan kegiatan yang pernah dilakukan Rumah Dongeng Sinjai.

Mirfayani Mirsal, mengatakan kegiatan Rumah Dongeng Sinjai, mengisolasi sampah plastik dengan ecobrick.

“Botol-botol yang sudah jadi ecobrick bisa dibuat menjadi meja atau bangku,” ucapnya.

Selain itu, ada program layanan baca dan pinjam buku yang dibuka mulai pukul 11.00 WITA, sampai pukul 24.00 WITA.

“Adapun buku mulai dari koleksi bacaan anak, remaja, buka ilmu agama, novel dan pengetahuan umum,” ujarnya.

Program yang lain, pojok kreatifitas anak, panggung dongeng dan Read Aloud, kelas menulis kreatif, kelas menulis jurnalistik, juga berbagai macam pelatihan pembuatan kripik, dan buku pop up.

“Kami bangga Taman Baca kami dikunjungi oleh Dinas Perpustakaan Sulsel. Semoga dengan adanya kunjungan ini bisa membuka jaringan antara TBM dan Dinas Perpustakaan, kamu juga berharap bisa ada perhatian untuk peningkatan kapasitas pegiat, dan bantuan fasilitas untuk TBM yang ada di Sinjai,” pungkasnya.

Penulis: TA
Editor: Taqwa
  • Whatsapp
loading...