Jaga Imunitas Tubuh, 5 Minuman Herbal Ini Perlu Dicoba

News | Opini

OPINI, Suara Jelata— Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan digencarkan pemerintah, terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini. Bahkan imbauan dan anjuran menjaga imun tubuh sering kita dengar melalui berbagai media massa, bahkan secara langsung disampaikan para petugas atau aparat di lingkungan kita.

Semua perlu ditaati guna mencegah diri dari paparan virus Corona yang mengancam siapa saja. Karena hingga saat ini pandemi belum berakhir, sehingga Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kita semua.

Dalam meningkatkan imunitas, perlu dicoba untuk rutin dikonsumsi beberapa minuman herbal berikut ini. Semua bisa diracik sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Selain mudah, juga murah apabila terpaksa harus membeli. Namun bagi kita yang memiliki apotek hidup, bahan-bahan minuman herbal bisa didapatkan dari pekarangan kita sendiri.

Perlu diketahui, minuman herbal ini bisa menjadi alternatif agar tidak mudah terserang flu, batuk ataupun demam. Selain meningkatkan imun, minuman berbahan alami ini juga dapat menghangatkan tubuh.

  1. Jahe
    Minuman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh yang selama ini sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai jamu adalah jahe. Minuman rebusan jahe memang kaya akan manfaat.

Jahe juga sering direkomendasikan untuk flu dan sains mendukungnya. Journal of Ethnopharmacology dalam sebuah studinya menunjukkan bahwa jahe memengaruhi produksi lendir saluran napas untuk mencegah perlekatan virus. Kemudian dalam The Journal of Pain menemukan manfaat jahe yang dapat diterjemahkan ke dalam peningkatan aktivitas atletik dan bantuan dari rasa sakit setelah latihan. Hanya dengan mengonsumsi dua gram jahe, dipanaskan atau mentah, setiap hari selama 11 hari mengurangi rasa sakit.

Khusus bagi kaum wanita, dalam sebuah studi di BMC Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa jahe dapat membantu mengatasi gejala menstruasi yang buruk bagi wanita. Dalam penelitian, wanita yang mengonsumsi kapsul 500 mg bubuk akar jahe tiga kali sehari selama lima hari mengalami lebih sedikit rasa sakit saat menstruasi dibandingkan mereka yang tidak.

  1. Kunyit
    Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh dan kunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Selain itu, kunyit juga bermanfaat mengurangi sakit tenggorokan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi kurkumin, yang memberi warna khas pada kunyit, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Curcumin juga bisa menjadi makanan penambah imun (ini berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan) dan antivirus.

Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat. Racikan ini dipercaya juga menambah daya tahan tubuh terhadap penyakit.

  1. Kapulaga
    Seduhan teh dengan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, kita bisa juga merebus dua atau tiga butir kapulaga kering dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu, dan minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tenggorokan dan melancarkan pernapasan.

Bahan bumbu yang memiliki rasa pedas campur pahit ini ternyata mengandung banyak manfaat. Di antaranya dapat mengurangi kejang perut dan rematik, mencegah mual, menghilangkan bau badan, dan menyembuhkan radang amandel. Aroma dari kapulaga juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih relaks.

  1. Cengkeh
    Minuman herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh berikutnya adalah dengan bahan cengkeh. Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh. Tambahkan dua atau tiga biji cengkeh ke dalam sup atau teh untuk mengobati batuk. Selain itu, mengunyah cengkeh dapat mengatasi radang tenggorokan dan menghilangkan bau badan.
  2. Kayu Manis
    Terakhir, minuman herbal berbahan kayu manis. Kayu manis dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan terasa lebih hangat, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini.

Cara meraciknya, satu sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat. Apabila diminum dapat menyegarkan kondisi tubuh, sekaligus mengurangi rasa dingin. Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin.

Nah, di masa pandemi ini tidak ada salahnya kita mengonsumsi secara rutin minuman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Dengan meracik sendiri, akan lebih mudah menurut selera yang mana akan dikonsumsi dari 5 alternatif minuman herbal di atas. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: IwanEditor: Taqwa