Kapolda Sulsel Hadiri Pelantikan Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLI T.A 2021

  • Whatsapp

MAKASSAR, Suara Jelata— Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Drs. Merdisyam menghadiri pelantikan dan penyumpahan 249 Prajurit Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI T.A 2021. Sabtu, (28/08/2021).

Pelantikan dan penyumpahan dipimpin langsung oleh Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Bacaan Lainnya

Selain Kapolda Sulsel, turut hadir dalam giat tersebut, para Pangkotama Sulsel dan pejabat Forkopimda TK I Provinsi Sulsel.

Kapolda Sulsel dalam beberapa kesempatan mengatakan, TNI dan Polri merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh sebab itu, TNI dan Polri harus bersinergi, terus berkoordinasi, serta bergotong-royong untuk kepentingan bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

Pantauan media, acara yang digelar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI tersebut, para siswa Satdik-2 Makassar terlihat berpakaian rapi memakai PDU I (Pakaian Dinas Upacara) TNI AL mengikuti seluruh rangkaian kegiatan upacara pelantikan dan penyumpahan.

Tampil juga para ABK (Anak Buah Kapal) tiga kapal perang, yakni KRI Layang-635 dari Koarmada II, KRI Badau-841 Lantamal VI serta KAL Pulau Langkai dari Lantamal VI Makassar.

Usai pelaksanaan upacara pelantikan dan penyumpahan, para prajurit siswa Satdik-2 dengan sudah berpakaian dinas militer khas TNI AL menampilkan skill ketangkasannya berupa River crossing, senam balok dan perahu karet, merplug, fluit, kolone senapan, halang rintang, pertempuran, karate, tali temali, terjun paku di laut dan bongkar pasang senjata.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan mengatakan, kehadiran Kapolda Sulsel menunjukkan kuatnya sinergitas TNI-Polri .

“Polri dan TNI harus terus memperkuat soliditas dan sinergitas, apalagi saat ini kita berupaya dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19” ungkap E. Zulpan.

Ia berharap dengan kekuatan TNI-Polri, kasus Covid-19 bisa segera turun.

“Kita sepakat untuk melaksanakan kegiatan yang lebih kuat di lapangan, sehingga angka Covid-19 bisa kita turunkan” kata E. Zulpan.

Penulis: Kahar
Editor: Aisyah
  • Whatsapp
loading...