Para Taruna Tingkat II Akmil Belajar di Laboratorium Fisika

  • Whatsapp

MAGELANG, Suara Jelata – Taruna Tingkat II/Sersan Taruna Akademi Militer (Akmil) Kelas D-1 sampai dengan D-14 jumlah 424 Taruna melaksanakan praktikum fisika terapan. Sebagai penanggung jawab kegiatan ini Kadepmipatek Akmil Kolonel Cpl Taufan Tjandra Kusuma, S.I.Pem bertempat di Laboratorium Fisika Subdepmipa Depmipatek, Selasa (14/09/2021).

Kadepmipatek di sela-sela kegiatannya menguraikan, mata kuliah Fisika Terapan merupakan kumpulan ilmu pengetahuan yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, hukum teori, dan juga model ilmiah. Kemudian digunakan untuk kebutuhan dalam menjalankan tugas di satuan yang relevan dikaitkan dengan tugas-tugas keluaran Pendidikan Taruna Akmil.

Bacaan Lainnya

“Baik sebagai Komandan Peleton (Danton) atau jabatan setingkat yang memiliki gelar Akademis Diploma IV Sarjana Sains Terapan,” kata Kolonel Taufan.

Sementara Mayor Cpl Aryananta Lufti, S.T. merupakan salah satu Dosen Fisika Depmipatek menguraikan, gerak peluru untuk mengetahui kecepatan awal peluru aplikasi di lapangan sebagai pengetahuan dasar menembak mortir, meriam atau senjata yang lain, dan gerak jatuh bebas.

“Tujuan taktiknya untuk mengetahui percepatan gravitasi, aplikasi dalam kehidupan militer, contohnya seperti pengedropan barang dari pesawat atau heli di medan penugasan,” terangnya.

Sertar Hindra Sakti No. Ak 2020.363 saat praktiknya mengungkapkan, latihan bukan untuk menyempurnakan, tapi untuk menjadikannya permanen. Taruna harus serius belajar Matematika dan Fisika.

“Sehingga butuh latihan, bukan tiba-tiba bisa dan tidak cukup hanya dengan menghafal rumus. Taruna harus berlatih, berlatih, berlatih,” katanya.

Sertar Khansa Alexander No. Ak 2020.141 menambahkan, menjadi Taruna itu sama dengan tanda tangan kontrak seumur hidup.

“Mereka akan mencurahkan seluruh hidup mereka untuk negara dan bangsa,” ujarnya. (*)

loading...