Aksi Jateng Kudu Resik, Warga Pucang Serempak Pungut dan Pilah Sampah

  • Whatsapp

MAGELANG, Suara Jelata – Babinsa Koramil 05/Secang Kodim 0705/Magelang mengikuti aksi pungut dan pilah sampah di sekitar jalan Desa Pucang. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat, Kelompok Bank Sampah Surya Gemilang dan Perangkat Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (24/09/2021).

Kegiatan aksi pungut dan pilah sampah dilaksanakan serempak di seluruh wilayah Kecamatan Secang guna mendukung program Aksi Clean Up Provinsi Jawa Tengah dengan jargon “JATENG KUDU RESIK”.

Bacaan Lainnya

Babinsa Pucang Sertu Agung Wibowo menuturkan aksi pilah sampah ini sama halnya dengan program TNI yang sudah ada sejak dulu. Hanya kalau di lingkungan militer gerakan bersih-bersih mempunyai jargon sendiri yaitu “JUMAT BERSIH, SABTU HIJAU, MINGGU SEHAT”.

“Sampai sekarang kegiatan tersebut masih dilaksanakan di lingkungan TNI dan kebetulan hari Jumat ini bertepatan dengan progres aksi pungut dan pilah sampah. Sehingga para Babinsa dapat bergabung dengan desanya masing-masing,” terang Agung.

Sementara Kepala Desa Pucang Drs. H. Anwari menyampaikan dirinya selaku perangkat desa dan pelayan masyarakat akan berusaha mendukung penuh program dari pemerintah tersebut. Di Desa Pucang sudah ada Bank Sampah “Surya Gemilang” yang saat ini masih aktif dan bank sampah ini beberapa kali mendapatkan juara di tingkat Kabupaten Magelang.

“Jadi momentum ini kami jadikan sarana untuk mendapatkan sampah yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk maupun untuk didaur ulang dan dijadikan sebuah kerajinan tangan. Sehingga selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Anwari. (*)

loading...