‘Mutiara Natuna’ yang Ditemukan Kasad Saat Kunker, Ternyata Luar Biasa

NATUNA KEPRI, Suara Jelata – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., beberapa waktu lalu menemukan ‘mutiara’ di Natuna. Penemuan ‘mutiara’ tersebut dalam kunjungan kerjanya ke Batalyon Komposit 1/Garda Pati di Natuna, Selasa tanggal 4 Januari 2022.

‘Mutiara’ yang dimaksud adalah Sandi Pamungkas, siswa SMAN 2 Bunguran Timur, Natuna. Sandi adalah putra Serda Syahrudin, Babinsa Mekar Jaya Koramil 03 Sedanau Kodim 0318/Natuna.

Serda Syahrudin menuturkan, dalam kunjungan kerja itu Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman berkenan menerima presentasi dari Sandi Pamungkas, Kasad terkesan dam member apresiasi kepada siswa yang memiliki prestasi mendunia, melalui inovasi-inovasi yang diciptakannya itu. Bahkan kegiatan putranya diabadikan dan dapat dilihat dalam tayangan Youtube.

Saat Kasad bertanya kepada Serda Syahrudin tentang bagaimana ceritanya anaknya bisa memiliki prestasi yang luar biasa, sang Babinsa pun menjawab dengan tegas dan jelas. Dikatakan Syahrudin bahwa inovasi yang diciptakan anaknya itu, bermula dari seringnya Sandi mengikuti kegiatan pembinaan teritorial (binter) yang dilakukannya di desa binaannya.

“Saat mengikuti kegiatan saya sebagai Babinsa, anak saya ini sebagai juru foto. Setiap permasalahan yang ditemukan, ia (Sandi) mencoba mencari solusi pemecahannya,” ucap Syahrudin, Minggu (09/01/2021).

Diketahui, salah satu tujuan dari kunjungan kerja Kasad ke satuan jajaran di seluruh Indonesia adalah untuk menemukan putra-putri terbaik bangsa dengan prestasi membanggakan. Yang nantinya dapat bermanfaat dalam membangun Indonesia melalui TNI AD. Dikatakan Kasad, salah satunya telah menemukan mutiara di Natuna yaitu Sandi Pamungkas.

Beberapa inovasi yang diciptakan Sandi yaitu, Smart Cabai, Basiltrik (Batako Penghasil Listrik), MooApps (Aplikasi Monitoring Kesehatan Ternak), Padu (Penangkap Air di Udara), We Care Mangrove (aplikasi pelestarian lingkungan mangrove melalui pemberdayaan), dan Rainzer (handsinitizer dari air hujan dan air laut menjadi handsinitizer non alkohol).

Sedangkan prestasi yang diraih melalui inovasi-inovasi itu, antara lain Juara 1 lomba desain inovatif STAI Natuna 2021, Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang 2021. Kemudian Juara 1 lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2021 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Juara 2 lomba UII Businnes Plan Competition 2021 di Universitas Islam Indonesia tingkat nasional.

Selain itu, Sandi juga meraih Juara 1 tingkat internasional dalam ajang Africa OCIIP Expo 2020 di Nigeria Afrika, dengan predikat presentasi terbaik dan inovasi terkreatif. Juara 3 lomba International Korea Science Engineering Fair (KSEF) di Korea Selatan 2020, Juara 3 Lomba International Exhibition For Young Inventor (IEYI) di Taiwan 2020.

Prestasi lainnya, Sandi sebagai Juara harapan 1 lomba National Young Inventor Award (NYIA) 2019 di Jakarta, Juara 1 lomba Police Innovation Award (PIA) 2020 di Jakarta tingkat nasional. Juara 1 Satu Indonesia Award (SIA) tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 di Jakarta, Juara harapan 2 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2018 tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018, dan Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Bidang Geografi Tingkat Kabupaten Natuna.

Sandi yang juga bercita-cita menjadi Taruna Akademi Militer ini, mengungkapkan rasa bangganya dapat bertemu Kasad. Serta berkesempatan mempresentasikan inovasi dan prestasi yang dimilikinya kepada orang nomor satu di TNI AD tersebut.

“Harapan saya setelah bertemu Bapak Kasad, dapat mengangkat dan lebih memperkenalkan Natuna ke dunia internasional. Selain itu, menjadikan motivasi bagi saya untuk lebih berprestasi lagi. Semoga apa yang saya cita-citakan dapat tercapai dengan baik dan lancar,” ucap Sandi. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.