Sikapi Beberapa Bencana Alam di Indonesia, PB HMI Ajak Kader Aktif Aksi Sosial

Nasional | Sosial

JAKARTA, Suara Jelata – Beberapa pekan terakhir, Indonesia dilanda bencana alam. Akibatnya, masyarakat mengalami dampak dari berbagai sektor yang signifikan sehingga membutuhkan uluran tangan berbagai pihak.

Bencana terjadi mulai dari erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, hingga banjir bandang di beberapa daerah. Seperti terjadi di Kabupaten Jember, Jayapura dan daerah-daerah lainnya.

Merespon hal itu, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) Affandi Ismail Hasan menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam.

“Kami semuanya, PB HMI, di mana pun berada dan tentunya juga seluruh keluarga HMI di mana pun berada turut berduka cita. Turut prihatin atas bencana yang menimpa beberapa tempat atau daerah di Indonesia belakangan ini,” kata Affandi Ismail dikutip dari video unggahan instagram @affandhy.ismail, Selasa, (11/01/2022).

Affandi sapaan karibnya menuturkan bahwa terhitung sejak Desember 2021 lalu, Indonesia sudah beberapa kali mengalami bencana alam di berbagai daerah.

“Tercatat mulai dari meletusnya Gunung Semeru pada Desember 2021 yang lalu dan kemudian juga disusul dengan beberapa bencana alam lainnya di beberapa daerah. Seperti yang terjadi di Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara, yaitu banjir yang menimpa saudara-saudara kita di sana,” terangnya.

Affandi pun menambahkan bahwa baru-baru ini bencana banjir juga melanda wilayah bagian barat dan timur Indonesia.

“Kemudian juga banjir yang melanda saudara-saudara kita di Aceh Timur dan Aceh Utara. Ada juga bencana yang terjadi di Nusa Tenggara Barat. Kemudian yang terakhir yang baru-baru ini yaitu banjir bandang yang melanda saudara-saudara kita di Jayapura Provinsi Papua,” sambungnya.

Ia pun menginstruksikan kepada setiap Pimpinan Badan Koordinasi (Badko) dan juga cabang untuk melakukan aksi kemanusiaan. Diimbau untuk mengulurkan tangan pada korban bencana alam.

“Saya sebagai Ketua Umum PB HMI mengimbau, mengajak dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran HMI. Mulai dari Badko atau Badan Koordinasi se-Indonesia dan juga seluruh HMI cabang se-Indonesia agar kiranya berkenan untuk turut andil berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial. Kegiatan kemanusiaan dalam rangka untuk membantu saudara-saudara kita,” imbuhnya.

Ia pun berharap agar seluruh kader HMI dapat berkolaborasi dalam melakukan aksi sosial ini.

“Sama-sama kita berbuat, bekerja, bergandengan tangan, berkolaborasi untuk menyalurkan apa yang kita miliki. Juga menggalang dana dalam rangka untuk meringankan beban yang tengah diderita oleh saudara-saudara kita di tempat (terdampak bencana) tersebut,” tandasnya. (Hanafi)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.