Binda Jateng Gelar Vaksinasi Anak di Kota Magelang

KOTA MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Sabtu (05/02/2022), kembali menyelenggarakan vaksinasi massal anak/pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat di 10 (sepuluh) wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan target peserta vaksin sebanyak 19.000 dosis.

Kepala Binda Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto menyebutkan lokasi vaksinasi meliputi, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kebumen, Sukoharjo, Demak, Grobogan, Pati, Kudus, Banyumas, dan Pemalang.

“Jenis vaksin yang dipergunakan bagi anak atau pelajar ini jenis Sinovac yang telah mendapatkan izin dari BPOM dan dinyatakan aman untuk anak usia 6-11 tahun, sementara untuk masyarakat secara door to door. Sedangkan vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan,” terangnya.

Binda Jateng dalam kesempatan ini, mendirikan 11 sentra vaksinasi di 10 kabupaten/kota tersebut di atas. Sedangkan untuk vaksinasi dengan metode door to door, dilaksanakan di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Grobogan, Pati, dan Banyumas.

“Selain itu, untuk Vaksinasi Booster ada di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Sukoharjo, Demak, Grobogan, Pati, Banyumas, dan Pemalang. Dengan target 2.100 orang tervaksinasi dengan aman,” terang Sondi Siswanto.

Dikatakan Sondi, di awal tahun ini terindikasi adanya kecenderungan penurunan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat. Untuk itu Pemerintah terus mengingatkan kembali pentingnya disiplin protokol kesehatan dilakukan.

Hal itu, lanjut Sondi, guna menekan kasus virus Omicron yang terus bertambah dan mayoritas kasus atau yang terinfeksi virus ini berasal dari luar negeri. Melihat kondisi itu, Pemerintah mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak bepergian keluar negeri terlebih dahulu, di samping tetap membatasi aktivitas di luar rumah.

“Ini semua sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo mengenai langkah dan upaya Pemerintah Indonesia menghadapi virus varian Omicron atau pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun yang digelar Binda Jateng bersama Dinas Kesehatan Kota Magelang, salah satunya digelar di SD Negeri Cacaban 1, Kecamatan Magelang Tengah. Di sekolah ini berhasil divaksin Dosis 2 sebanyak 121 anak kelas 1 sampai kelas 6.

Kepala SD Negeri Cacaban 1 Sri Sudarlina, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Magelang dan kepada Binda Jateng yang telah bekerjasama memberikan pelayanan vaksinasi kepada siswa-siswinya.

“Semoga kerja sama tersebut terus berlanjut, sehingga vaksinasi anak di Kota Magelang tuntas. Yang mana Vaksinasi Anak saat ini menjadi pendukung terselenggaranya pembelajaran tatap muka, termasuk di sekolah kami,” kata Sudarlina. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.