Upacara Peringatan Ke-73 Serangan Umum 1 Maret di Plaza Monumen SO 1 Maret 1949

Nasional

KOTA YOGYAKARTA DIY, Suara Jelata – Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas menghadiri upacara Peringatan Ke-73 Serangan Umum 1 Maret, Tahun 2022 ini. Peringatan dilaksanakan di Plaza Monumen SO 1 Maret 1949, Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY, Selasa, (01/03/2022).

Upacara Peringatan Ke-73 Serangan Umum 1 Maret kali ini diselenggarakan oleh BPC PWK III Kota Yogyakarta dengan penanggung jawab Sudjono Ketua BPC PWK III Kota Yogyakarta. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sukamto, S.H., M.H. Kepala Biro Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY.

Sukamto dalam amanatnya mengatakan, peringatan Serangan Umum 1 Maret tahun 2022 menjadi hari yang bersejarah. Karena bertepatan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang berisi penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Serangan Umum 1 Maret memiliki makna penting bagi penegakan dan pengakuan kedaulatan Negara, dampak yang ditimbulkan berasal dari dalam maupun dari luar. Karena peristiwa ini membuka mata Dunia Internasional bahwa Indonesia masih ada dan mampu memberikan perlawanan.

Dengan ditetapkannya Serangan Umum 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara dapat semakin memupuk semangat persatuan dan kesatuan kita semua dan juga sebagai generasi muda untuk tidak pernah lupa akan sejarah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Laut (KH/W) Damayanti S.H., M.M. (Danlanal DIY), Kolonel Heri Sunaryo (AAU Yogyakarta), Letkol Inf Arif Harianto (Dandim 0734/Kota Yogyakarta). Juga AKBP Fahmi Arifrianto, S.H, S.I.K, M.H., M.Si (Wakapolresta Yogyakarta), Mayor Inf Hasan (Yonif Mekanis 403/WP), Budi Santosa, S.STP, M.Si (Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta) dan Forkopimda DIY. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.