Gubernur Akmil Tinjau Latsitarda Nusantara XLII di Lombok Utara

LOMBOK UTARA, Suara Jelata – Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M. meninjau langsung Latsitarda Nusantara XLII/2022 di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam kunjungannya Mayjen Legowo didampingi Komandan Latsitardanus XLII Kolonel Inf Franz Yohanes Purba, S.Ip ke jajaran Satlat Macan dan meninjau Kesiapan Kolat dan Sasaran Fisik Satlat 1/Macan di Dusun Tanaksong, Desa Jenggala, Kabupaten Lombok Utara, Senin (16/05/2022).

Turut hadir mendampingi, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H. beserta jajarannya. Rombongan meninjau langsung Latsitarda Nusantara XLII tahun 2022 yang merupakan salah satu kegiatan akademik Taruna Akademi TNI (Akmil, AAL dan AAU) dan Taruna Akpol tingkat akhir.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Akmil menyampaikan, kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah tugas akhir yang wajib dipenuhi oleh para Taruna. Mengingat latihan ini sebagai salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan Taruna.

“Wajib dilakukan sebelum para Taruna dilantik menjadi seorang perwira TNI-Polri melalui upacara Prasetya Perwira atau Praspa TNI-Polri oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2022 mendatang,” kata Mayjen Legowo.

Lebih lanjut Mayjen Legowo menekankan, pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun 2022 ini adalah yang ke-42, yang akan dilaksanakan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan Latsitarda Nusantara adalah memberikan kesempatan kepada para Taruna. Yaitu dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapat selama di pendidikan untuk selanjutnya didarmabaktikan di luar Akademi masing-masing.

“Latsitarda Nusantara selain sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan, juga sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pasca pandemi Covid-19 seperti saat ini,” lanjutnya.

Alasannya, Mayjen Legowo mengatakan, karena kegiatan Latsitarda Nusantara ini adalah sebagai salah satu bentuk dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yaitu berupa kegiatan pengabdian kepada Masyarakat” dari Taruna Akademi TNI-Akpol.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat oleh Taruna Akademi TNI dan Akpol melalui Latsitarda Nusantara ke-42 ini adalah tuntutan dari ketentuan standar nasional pendidikan tinggi. Yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi, termasuk Akademi TNI dan Akpol,” katanya.

Pada pelaksanaan Latsitarda Nusantara tahun ini tema yang diangkat adalah “Latsitarda Nusantara XLII/2022 Menuju NTB Gemilang”. Latsitarda Nusantara akan berlangsung dari tanggal 14 Mei sampai 11 Juni 2022 di wilayah pulau Lombok, diikuti oleh 1.197 orang.

Terdiri dari 229 pendukung (Pengasuh dan Pelatih, Dosen pembimbing, dan Pendukung dari Akademi TNI) dan Taruna Akmil 287, AAL 106, AAU 108, Akpol 246, dan 100 Praja IPDN serta 100 Mahasiswa dari wilayah NTB. Sedangkan daerah sasaran pelaksanaan Latsitarda meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.