Rumah Cemilan Singkong Grandpa Siap Ikuti Lomba UP2K PKK Tingkat Sulsel

UMKM Rumah Cemilan Singkong Grandpa wakili Kabupaten Sinjai ikuti lomba UP2K tingkat Sulsel

SINJAI, Suara Jelata— Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rumah Cemilan Singkong Grandpa sebagai salah satu perwakilan mengikuti lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari Binaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sinjai. Senin, (15/8/2022).

Penilaian lomba akan dilaksanakan pada Selasa, 16 Agustus di Rumah Produksi Singkong Grandpa, Dusun Patohoni, Desa Palae, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai yang didampingi juga dari Tim Penggerak PKK Desa Palae dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Sinjai Selatan.

Musdalifah, selaku pemilik usaha mengatakan bahwa Kelompok UP2K Rumah Cemilan Singkong Grandpa ini yang terbentuk berkat keuletan dan inovasi dari TP PKK Kabupaten Sinjai yang didukung dari PKK Desa Palae dan PKK Kecamatan Sinjai Selatan.

“Sampai dengan saat ini, usaha saya telah memproduksi olahan-olahan yang berbahan baku tanaman singkong seperti Keripik Tumis Singkong, Keripik Tumis Krispi Singkong, Rengginang Singkong, Kerupuk Singkong, Es Tape Singkong, Dodol Singkong, Tape Singkong, Kroket Singkong, Gostik Singkong, yang sudah berjalan selama 2 tahun lebih dan sudah memasarkan produk ke luar daerah Sulawesi Selatan hingga ke luar negeri seperti Malaysia” jelasnya.

Pihaknya mengaku sudah sangat siap untuk mengikuti lomba tersebut dengan memenuhi syarat-syarat indikatornya mulai dari administrasi hingga perlengkapan yang harus dipenuhi.

“Semoga mampu memperoleh hasil juara yang diinginkan oleh seluruh pihak yang terkait ikut terlibat membantu dan bekerjasama” harap Musdalifah.

Hj. Rusilawati Irfan, selaku Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Sinjai mengatakan bahwa program ini sebagai salah cara untuk pendapatan meningkat ke masyarakat dan keluarga.

“Kami berharap agar selalu memberikan bimbingan dan binaan dari TP PKK Desa Palae dan TP PKK Kecamatan Sinjai Selatan, utamanya dalam menstandarisasi produk-produk UP2K menjadi produk unggulan Desa Palae yang dapat menambah nilai lebih, sehingga dapat menarik minat pembeli yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa Palae dan tentunya dapat bersaing serta dapat meraih prestasi yang membanggakan kedepannya” ungkapnya.

Hj. Hasmah. T, selaku Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai mengatakan bahwa setelah melakukan evaluasi, seluruh UP2K PKK Kabupaten Sinjai, maka ditetapkan UP2K Rumah Cemilan Singkong Grandpa mewakili Kabupaten Sinjai karena memenuhi syarat mulai dari administrasi, mengikuti pelatihan-pelatihan dan mendapatkan piagam penghargaan atau sertifikat serta kemasan produknya.

Kemudian sudah memiliki legalitas usaha dari desa dan kabupaten serta alat-alat yang canggih, sehingga sudah mengolah berbagai macam rasa singkong seperti tumis, krispi, dan lain-lain.

“Insyaallah besok Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan akan berkunjung melakukan penilaian ke UP2K Rumah Cemilan Singkong Grandpa dan kami dari TP PKK Kabupaten Sinjai bersama Hj. Rusilawati Irfan sebagai Ketua Pokja 2, Andi Rusmiati Rustam sebagai Sekretaris Pokja 2 serta seluruh Anggota Pokja 2 yang membimbing termasuk PKK Desa Palae dan Kecamatan Sinjai Selatan” kuncinya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Grup Telegram "suarajelata.com News Update", caranya klik link https://t.me/suarajelatacomupdate, kemudian join.

Penulis: HutomoEditor: Aisyah