Pelaksanaan Pilkades Aman dan Damai Perlu Dijadikan Budaya Masyarakat Desa

Berita | DAERAH | Sosial

MAGELANG JATENG, Suara Jelata – Danramil 03/Bandongan, Kodim 0705/Magelang Kapten Caj Wagino mengajak masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) aman dan damai. Hal itu disampaikan usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon dan Pengambilan Undian Tanda Gambar Calon Kades Desa Salamkanci Tahun 2022, Rabu (28/09/2022).

Menurutnya, pada setiap pelaksanaan Pilkades pasti terjadi perbedaan pilihan pada masyarakat setempat. Namun hal itu merupakan hal yang lumrah terjadi, sehingga tidak perlu menimbulkan gejolak atau hal negatif pada warga masyarakat.

“Mari kita jadikan perhelatan Pilkades secara aman dan damai menjadi sebuah budaya. Budaya masyarakat desa termasuk di Desa Sakamkanci Bandongan ini,” ajaknya.

Menurut Danramil, apabila sudah menjadi budaya masyarakat, maka pada setiap pelaksanaan Pilkades di kemudian hari, generasi penerus akan menirunya.

“Maka kami menekankan bahwa sangat perlu kita menciptakan budaya aman dan damai pada setiap pesta demokrasi, termasuk Pilkades,” tandas Kapten Wagino.

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon dan Pengambilan Undian Tanda Gambar Calon Kades Desa Salamkanci tersebut dihadiri oleh Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., pejabat Forkopincam Bandongan. Juga hadir Panitia Pilkades Kecamatan beserta anggota, Ketua KPPS Desa Salamkanci beserta anggota, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Salamkanci, Ketua LPM Desa Salamkanci. Selain itu hadir para Calon Kepala Desa, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Setelah diambil nomor undian Calon Kepala Desa Salamkanci diperoleh Nomor Undian 1 Joko Susanto S., Nomor Undian 2 H. Murtadho, Nomor Undian 3 Yuniah, S.Pt dan Nomor Undian 4 atas nama Dzikron Fuadi. (Iwan)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.