Gandeng BRIN, Komandate Adhitya Gilang Ramadhan Gelar Bimbingan Materi di Jatibarang

Berita | DAERAH | POLITIK

BREBES JATENG, Suara Jelata – Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Komisi VII Dapil IX, Paramitha Widya Kusuma, S.E., M.M. melalui Komandan Tempur (Komandante) Wilayah Jatibarang, Adhitya Gilang Ramadhan, S. Farm, menggelar bimbingan materi. Kegiatan itu bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Bimbingan materi tersebut bertajuk “Berbakti untuk Negeri” digelar di Rumah Makan Intan, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (03/11/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Paramitha Widya Kusuma, Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes Indra Kusuma beserta istri Maryatun Kusuma serta ratusan tamu undangan. Di antarannya Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Kader PDIP, peserta Senam Cinta Tanah Air (SICITA) serta perangkat desa setempat.

Menurut Adhitya Gilang Ramadhan, selain memberikan bimbingan materi kepada masyarakat, kegiatan tersebut yakni bertujuan untuk mencari informasi dan menyerap aspirasi masyarakat. Dalam mekanisme kontrol perencanaan pembangunan di tingkat desa.

“Ini acara dari BRIN, karena BRIN masuk wilayah kerja Ibu Paramitha Widya Kusuma dari Dapil 9 Komisi 7. Kebetulan beliau mengutus saya sebagai Ketua Pelaksana di sini yakni Kecamatan Jatibarang,” kata Gilang.

Dikatakan oleh Gilang, kegiatan tersebut akan menjadi daya serap terutama untuk inovasi dari Komisi 7, karena pembangunan masyarakat diawali dari yang terkecil yaitu desa.

“Bila kita sukses membangun desa maka kita akan sukses membangun kabupaten. Kita bisa berjalan dengan baik, tentunya sebuah negara juga akan berjalan dengan lancar, pembangunan suatu negara diawali dari struktural di desa. Ini harus kita bangun,” jelas Gilang.

Menurutnya, BRIN menggunakan riset yang ada sehingga dapat memberikan informasi maupun inovasi tentang apa saja permasalahan di Indonesia. Dan data-data apa saja dimungkinkan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di Desa.

“Pada hari ini, jadi optimalisasi data dan riset terhadap pembangunan desa, tujuan utamanya adalah mencari dan menyerap informasi permasalahan yang ada di desa itu apa saja. Kemudian setelah adanya serapan jelas nanti akan dimasukkan ke dalam catatan baik BRIN maupun Mbak Mitha,” terangnya.

Disinggung terkait lomba senam SICITA yang diikuti Timnya beberapa waktu lalu, Gilang menyebut pihaknya meraih Juara 6 tingkat Kabupaten Brebes.

“Alhamdulillah ternyata masyarakat Jatibarang antusias sekali dengan program keolahragaan dan kemasyarakatan. Tentunya saya ingin agar semuanya bisa berkolaborasi bersama-sama untuk membangun desa apa pun latar belakangnya. Sehingga apa yang kita cita-citakan. Terutama untuk membangun desa pada khususnya dan Kabupaten Brebes pada umumnya bisa tercapai,” pungkasnya. (Olam)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.