Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Sinjai Disalurkan, Begini Harapan Pj. Sekda

News | PEMDA SINJAI
Pj. Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa

SINJAI, Suara Jelata— Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan kembali beberapa bantuan sosial bagi masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Dalam penyaluran bantuan ini dipantau langsung oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang yang didampingi oleh perwakilan Kementerian Sosial dan Penjabat Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, bertempat di Kantor Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Rabu, (23/11/2022).

Kepala Dinas Sosial Sinjai, Andi Muh. Idnan dalam laporannya menyampaikan bahwa ada empat jenis bantuan yang mulai kembali disalurkan oleh Pemerintah kepada masyarakat yakni, Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM), Bantuan Pangan Sosial (BPS)/Bantuan Sembako, Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan asistensi rehabilitasi sosial.

Dikatakan bahwa bantuan BLT- BBM yang disalurkan ini untuk periode bulan November dan Desember, BPS untuk bulan Oktober hingga Desember dan bantuan PKH untuk tahap keempat.

“Secara menyeluruh total penerima bantuan di sembilan kecamatan sebanyak 21.231 KPM (keluarga penerima manfaat) dengan total anggaran berkisar 27 milyar rupiah. Bantuan ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia baik secara komunitas maupun door to door, ” jelasnya.

Adapun besaran yang diterima untuk penerima sembako dan BLT BBM sebanyak Rp900 ribu per orang, sedangkan untuk PKH jumlahnya disesuaikan dengan jumlah dalam Kartu Keluarga.

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Penjabat Sekda, Andi Jefrianto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua bantuan tersebut tidak lain tujuannya sebagai usaha penebalan bantalan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat prasejahtera.

“Jadi bantuan ini sebagai upaya meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga kebutuhan hidup sehari-hari sebagai imbas pengalihan subsidi BBM,” jelasnya.

Ia pun berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi lebutuhan yang sangat primer, sehingga bisa meringankan beban masyarakat.

Sementara itu Anggota DPR RI, Samsu Niang mengatakan bahwa kunjungannya ke Kabupaten Sinjai untuk memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

“Bantuan yang disalurkan oleh Kemensos ini tidak bisa cair tanpa persetujuan DPR RI, olehnya itu kami lakukan monitoring agar dilakukan percepatan penyaluran bansos dan tepat sasaran,” ucapnya.

Menurutnya, bansos ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Untuk itu, ia mengapresiasi bantuan sosial (bansos) ini yang mampu menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Dalam penyaluran ini juga hadir Camat Sinjai Utara, H. Sofwan Sabirin, Lurah Lappa A. Rifai Azis, para tenaga TKSK dan pendamping PKH.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: ZhEditor: Syah