Pemerintah Desa Karang Bener Lantik Sekdes dan Kadus Terpilih

Berita | DAERAH

KUDUS JATENG, Suara Jelata Pemerintah Desa Karang Bener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melantik dua formasi perangkat desa terpilih, di Aula Balai Desa setempat. Perangkat yang dilantik yaitu satu Sekretaris Desa (Sekdes) dan satu Kepala Dusun (Kadus), Senin (13/03/2023).

Dua Perangkat Desa Karang Bener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus yang dilantik hari ini dilantik. (foto: Alamsyah)

Meskipun banyak media menulis tentang carut marut Tes Pengisian Perangkat Desa, tidak menjadi halangan untuk Desa Karang Bener. Pasalnya adalah bahwa dari 30 orang pendaftar di formasi Sekdes dan 19 orang di formasi Kadus tak satu pun peserta merasa dirugikan dan mempermasalahkan. Atas hasil tes yang telah diselenggarakan di bawah pengawasan perguruan tinggi STIKUBANG.

Kepala Desa Karang Bener, Arifin mengatakan, tidak ada alasan pihaknya harus menunda pelantikan, karena hasil tes benar-benar murni tanpa adanya rekayasa. Hal itu dibuktikan dari total peserta 49 orang tak satu pun ada yang mengajukan gugatan atau keberatan.

“Walaupun demikian saya tetap minta petunjuk dari kecamatan dan kepolisian yang pada intinya mendukung untuk segera laksanakan pelantikan (perangkat desa terpilih),” katakan Arifin.

Perangkat terpilih yang dilantik yaitu Muhammad Malik Ibrahim, S.E. sebagai Sekretaris Desa dan Afiful Umam sebagai Kepala Dusun Kasidono. Keduanya telah lolos melalui seleksi tes yang benar-benar murni. Hal itu pun diakui Kadus terlantik hari ini, Afiful Umam (37).

Sementara itu masih di tempat yang sama Ashari, S.H. Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa (P3D) Karang Bener mengatakan meskipun tanpa ada Surat Keputusan Bupati Kudus, Desa Karang Bener tetap akan melaksanakan pelantikan.

Diketahui, SK Bupati dimaksud adalah SK Bupati Nomor 141/52/2023 tentang penundaan pelantikan untuk 7 kecamatan yang dianggap bermasalah. Dan hanya dibolehkan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kota Kudus dan Kecamatan Bae yang bisa dilangsungkan pelantikan.

“Maka Desa Karang Bener pun tetap melantik, karena pijakan kami pada tata urutan tahapan Perbub di mana setelah hasil nilai tes diumumkan maka harus segera ada pelantikan. Dan alhamdulillah, desa kami bersih, maka kami adakan pelantikan,” jelas Ashari.

Dengan 2 formasi yang baru ini, apalagi dua-duanya masih muda Kades Arifin berharap, Desa Karang Bener bisa menjadi juara Lomba Desa di tahun 2024 nanti. (Als)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.