KKNT Kelompok 74 UPN “Veteran” Jawa Timur Pelatihan Pendampingan Kepada UMKM Optimalkan Sosial Media Pemasaran Produk

News

Suara Jelata—Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas.

Program KKN bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar diluar Universitas, untuk itu mahasiswa dapat berinteraksi dengan masyarakat, mampu mengenali potensi dan menghadapi permasalahan serta dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur merupakan salah satu Universitas yang rutin mengadakan program KKN dengan beberapa skema.

Pada periode 1 tahun 2023, dengan skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif UPN “Veteran” Jawa Timur mengirim kelompok 74 untuk terjun langsung di Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya guna menggembangkan UMKM di wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 74 masih banyak pelaku usaha UMKM di Pasar Wisata Harmoni Keputih yang belum menerapkan promosi produk melalui sosial media.

Sebagai Upaya menunjang kegiatan pelaku UMKM dalam mengelola usahanya, maka mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 74 mengadakan pelatihan serta pendampingan pada UMKM di Pasar Wisata Harmoni Keputih, Kota Surabaya.

Pelatihan dan pendampingan ini merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk mengedukasi para pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran produk dengan cara mempromosikan produknya melalui sosial media.

Pada tanggal 20 Mei 2023, mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 74 mengadakan acara pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan di Pasar Wisata Harmoni Keputih.

Dalam acara pelatihan dan pendampingan ini, mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 74 berkolaborasi dengan praktisi Harjuno Yumatri Utomo, S.M. sebagai Brand Executive FMCG Industri.

Acara pelatihan dan pendampingan ini bertemakan “Pengembangan konten dan Manajemen Sosial Media”.

Praktisi menjelaskan bawasannya “Brand yang mempunyai nilai adalah brand yang mempunyai banyak loyalis, bukan popularitas semata sehingga peran media sosial sangat penting untuk berkembangnya usaha ” ungkap Harjuno pada kesempatan itu.

Acara pelatihan dan pendampingan ini terlaksana dengan baik, antusiasme yang baik diberikan oleh audience (UMKM) saat mengikuti acara dan berinteraksi dengan praktisi pada sesi tanya jawab dan pada sesi praktek pembuatan konten.

“Setelah diadakan acara pelatihan ini saya merasa mendapatkan ilmu baru tentang pembuatan konten di sosial media untuk pemasaran produk saya agar lebih menarik” Ucap bu Evi sebagai UMKM.

Mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 74 berharap, melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang bertemakan “Pengembangan konten dan manajemen sosial media” ini memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM Pasar Wisata Harmoni Keputih.

Diantaranya memberikan ilmu tentang pembuatan konten menarik yang nantinya diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam memperluas pemasaran produknya.

Setelah adanya pelatihan dan pendampingan ini dalam waktu dekat kelompok 74 akan melakukan pendampingan UMKM secara door to door untuk membuatkan sosial media serta mengembangkan isi konten sosial media tersebut.

Sehingga kedepannya pelaku UMKM pasar wisata Harmoni Keputih diharapkan mampu untuk bersaing dengan para UMKM yang sudah melakukan pemasaran melalui digital sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.

Penulis: Errina Eka Yahyaningtyas / Muhammad Maulana Ramadhan / Muhammad SolehEditor: Zh