Peduli Kesehatan Masyarakat, Babinsa Koramil 04/Sumber Dampingi Kelas Ibu Balita

Berita | DAERAH | Lifestyle | TNI
PEDULI KESEHATAN. Anggota Koramil 04/Sumber Kodim 0720/Rembang, Sertu Supandi. Babinsa yang bertugas di Desa Jadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, mendampingi kegiatan Kelas Ibu Balita, Selasa (05/12/2023). (foto: Pendim0720Rbg/Alamsyah)

REMBANG JATENG, Suara Jelata Seorang anggota TNI yang bertugas di wilayah tentu akan memperhatikan masalah-masalah di daerahnya, termasuk masalah kesehatan ibu dan balita. Seperti dilakukan Anggota Koramil 04/Sumber Kodim 0720/Rembang, Sertu Supandi. Babinsa yang bertugas di Desa Jadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Selasa (05/12/2023).

Bersama Bidan Desa Jadi, Babinsa Sertu Supandi mendampingi kegiatan Kelas Ibu Balita bagi warga yang memiliki balita.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan, edukasi, dan pelayanan kepada ibu-ibu yang memiliki balita dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan balita di Desa Jadi,” kata Sertu Supandi.

Dalam kegiatan ini, Sertu Supandi turut berperan sebagai fasilitator dan pendamping bagi ibu-ibu yang mengikuti Kelas Ibu Balita. Babinsa membantu dalam menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan serta memberikan motivasi dan dukungan kepada ibu-ibu agar lebih aktif dan terlibat dalam kelompok ini.

Bersama dengan Bidan Desa Jadi, Sertu Supandi memberikan edukasi tentang pentingnya perawatan dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi balita. Mereka juga memberikan informasi mengenai tumbuh kembang balita, pentingnya imunisasi, serta cara pencegahan penyakit pada balita.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan warga yang memiliki balita dalam diskusi dan tanya jawab mengenai permasalahan yang mereka hadapi dalam merawat dan mengasuh balita. Dalam forum ini, Sertu Supandi serta Bidan Desa Jadi memberikan saran, masukan, dan solusi yang dapat membantu warga dalam mengatasi berbagai tantangan yang muncul sehubungan dengan balita mereka.

Sertu Supandi juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan bagi balita.

“Kita berikan penekanan terhadap praktik-praktik sanitasi yang baik kepada para ibu. Seperti mencuci tangan sebelum menyentuh balita, menjaga kebersihan air dan makanan, serta merawat lingkungan sekitar agar bebas dari kotoran dan penyakit,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Sertu Supandi juga menekankan peran aktif warga dalam melaporkan kondisi kesehatan balita kepada pihak terkait dan menjaga komunikasi yang baik antara ibu-ibu dengan Bidan Desa.

“Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya tindak lanjut yang tepat dan cepat dalam menyikapi masalah kesehatan balita yang mungkin timbul,” terang Sertu Supandi.

Melalui kegiatan pendampingan Kelas Ibu Balita ini, Sertu Supandi berharap dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi ibu-ibu dan balita di Desa Jadi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta kesadaran ibu-ibu dalam merawat dan mengasuh balita dengan baik,” pungkasnya. (Als)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.