Kapolda Jateng Pimpin Sertijab Kabiddokkes Polda Jawa Tengah

Berita | Nasional | News | Polri
Kombes Pol drg. Agustinus, M.H.T. dilantik sebagai Kabiddokkes Polda Jawa Tengah, Selasa, (20/02/2024). (foto: Bidhumas Polda Jateng/Narwan)

KOTA SEMARANG JATENG, Suara Jelata Jabatan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Jateng resmi berganti. Pergantian tersebut dilaksanakan dalam Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabiddokkes yang dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi di ruang kerjanya pada hari Selasa, (20/02/2024) pagi.

Jabatan Kabiddokkes Polda Jateng yang sebelumnya diemban oleh Kombes. Pol. Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, DFM, Sp.F, diserahkan kepada Kombes Pol drg. Agustinus, M.H.T. yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagwasintern Rumkit Bhayangkara Tk. I Pusdokkes Polri.

Kombes Dr. dr. Sumy Hastry memperoleh promosi jabatan baru sebagai Kabiddoksikes Rodokpol Pusdokkes Polri.

Mutasi dilaksanakan berdasarkan Skep Kapolri Nomor: Kep/120/I/2024 dan Kep/171/I/2024 tanggal 23 Januari 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Dalam sambutannya, Kapolda Irjen Ahmad Luthfi mengatakan mutasi jabatan merupakan penyegaran bagi suatu organisasi. Sehingga personel memperoleh ritme dan semangat baru dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

“Diharapkan hadirnya drg. Agustinus, M.H.T sebagai pejabat baru dapat membawa penyegaran dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi anggota Polda Jateng dan masyarakat,” ungkapnya.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kinerja yang ditunjukkan Kombes Dr. dr. Sumy Hastry selama menjabat Kabiddokkes di Polda Jawa Tengah.

“Terimakasih atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan dokter Hastry selama bertugas di Jawa Tengah. Semoga amanah jabatan di tempat tugas yang baru membawa keberkahan dalam karier dinas,” ucapnya.

Berdasar data diketahui, Kombes Dr. dr. Hastry merupakan seorang Polwan bergelar Doktor Ahli Forensik pertama di Asia dan merupakan sosok yang sangat peduli dengan perlindungan perempuan dan anak, terutama korban kekerasan seksual.

Dokter Hastry juga sering menangani kasus-kasus besar di Indonesia bahkan Internasional. Di antaranya: kejadian Pesawat MH17, kasus Bom Bali 1 dan 2, Kasus Pembunuhan di Subang, serta Kasus Pembunuhan berantai Dukun Slamet di Banjarnegara.

Sebagai seorang Perwira menengah Polri, dirinya mengemban tanggung jawab sebagai Kabiddokkes Polda Jateng sejak tahun 2021.

Sedangkan Kombes drg. Agustinus memiliki segudang pengalaman dan pernah menjabat Kabbiddokkes di Polda Papua dan Polda Sumut.

Di bidang odontologi, dirinya turut berperan dalam pengungkapan identitas korban kecelakaan pesawat berdasar data rekaman/catatan gigi yang ditemukan pada korban.

Sejumlah kasus yang pernah ditanganinya di antaranya identifikasi korban kecelakaan Lion Air JT610 di lepas pantai Karawang pada tahun 2018. Kemudian kecelakaan pesawat perintis Twin Otter di Papua tahun 2019, serta jatuhnya Heli MI-17 di Pegunungan Bintan, Papua pada tahun 2020. (Nar)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.