Songsong Ramadan 1445 Hijriah, Ini Imbauan Kemenag Kota Ternate

Berita | DAERAH | Sosial
Lukman Hatari,S.Ag., M.Pd.I., Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Ternate. (foto: Ateng)

KOTA TERNATE MALUT, Suara Jelata Bulan suci Ramadan 1445 Hijriah adalah momentum penting bagi umat muslim sedunia untuk menunaikan puasa selama sebulan penuh. Selain ibadah puasa, amalan-amalan lainnya pun menjadi fokus perhatian umat Islam.

Hal ini karena Ramadan adalah bulan penuh berkah di mana amal ibadah setiap muslim akan dilipatgandakan nilai pahalanya oleh Allah SWT.

Menghadapi bulan penuh berkah dan ampunan tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate melalui Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menyerukan beberapa imbauan moral. Khususnya kepada seluruh umat Islam yang ada di Kota Ternate dan sekitarnya.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Ternate, Lukman Hatari, S.Ag., M.Pd.I. kepada awak media ini mengungkapkan, selama menunaikan ibadah puasa Ramadan umat Islam hendaknya menahan diri dari perilaku yang buruk.

Menurutnya, ibadah puasa tidak sekedar menahan rasa lapar dan dahaga. Intinya kesabaran haruslah di jaga, kesabaran menahan diri untuk tidak terjerumus pada hal-hal yang buruk yang bisa membatalkan puasa dan menjerumuskan kita pada perbuatan dosa.

“Sambutlah Ramadan dengan hati yang lapang dan penuh syukur. Semoga amalan kita di bulan Ramadhan menjadi bekal yang bisa membantu kita di dunia dan akhirat,” ujar Lukman.

“Dengan tibanya bulan penuh berkah ini kita harus menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi insan-insan kamil dan mendapat rahmat dan ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya pula.

Selain itu, imbauan Kasi Bimas Islam untuk kita wajib bersyukur kepada Allah SWT menyambut Ramadan yang selalu menjadi momentum untuk bertaubat kepada Allah.

Kepada umat non muslim diimbau pula agar tetap menghargai, menjaga toleransi dengan sesama umat beragama. Dengan toleransi umat beragama ini akan berdampak pada terpeliharanya situasi yang aman, nyaman dan damai.

“Marilah kita manfaatkan Ramadan 1445 Hijriah dengan sebaik mungkin. Ramadan datang, hati pun bersyukur atas nikmat Allah. Jadikan Ramadan kali ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ajaknya.

“Setetes air dapat menghilangkan dahaga, setetes amal akan mendatangkan keberkahan. Ramadan adalah kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang penuh kesalehan,” tutupnya. (Ateng)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.