Alien Mus Sukses ke DPR-RI, Elektabilitas Golkar di Malut Naik

Berita | DAERAH | POLITIK | PROFIL
Sosok Srikandi Muda Partai Golkar Maluku Utara, Alien Mus, untuk kali keduanya berhasil melenggang ke Senayan. (foto: Ateng)

TERNATE MALUT, Suara Jelata Sosok Srikandi Muda Partai Golkar Maluku Utara (Malut), Alien Mus, untuk kali keduanya berhasil melenggang ke Senayan.

Sebelumnya pada kontestasi politik 2020, Alien untuk kali pertama terpilih sebagai Anggota DPR-RI 2020-2025. Kemudian pada Pemilu 2024, berdasarkan hasil pleno KPUD Provinsi Malut, yang bersangkutan kembali terpilih untuk kali kedua.

Selain sukses meraih kursi DPR-RI, Alien yang sebelumnya adalah anggota Komisi IV DPR-RI sekaligus Ketua Tim Pemenangan Nasional Prabowo Gibran, sukses pula memenangkan pasangan tersebut di Malut.

Data yang dihimpun dari KPUD Provinsi, suara Partai Golkar secara keseluruhan untuk DPR-RI sebanyak 128.475. Dari total perolehan tersebut, Alien ditetapkan lolos ke DPR-RI dengan total perolehan suara 70.505 suara.

Tak sebatas itu, partai berlambang pohon beringin ini juga sukses memenangkan Pilpres, Pileg DPRD Provinsi Malut. Serta DPRD 10 Kabupaten/Kota yang ada di Malut.

Pada Pileg 2024, Partai Golkar berhasil meraih 8 kursi di DPRD Provinsi. Raihan tersebut memastikan kandidat terkuat Ketua DPRD Malut periode 2024-2029 bakal diisi oleh politisi Golkar.

Begitu pula halnya dengan Kabupaten Kepulauan Sula, raihan 5 Kursi untuk Partai Golkar, membuka peluang Kursi Ketua DPRD Kabupaten Sula bakal diisi oleh politisi atau wakil rakyat dari Partai Golkar.

Kondisi serupa juga berlaku untuk Kabupaten Pulau Taliabu dengan perolehan 7 kursi oleh Partai Golkar. Juga Kota Ternate dengan raihan 4 kursi. Dengan demikian peluang untuk menduduki Kursi Ketua DPRD Taliabu dan Kursi Wakil Ketua DPR Kota Ternate sudah dipastikan akan diisi oleh politisi atau wakil rakyat terpilih dari Partai Golkar.

“Di Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Golkar hanya bisa meraih satu kursi. Sementara untuk Kabupaten Halmahera Timur, Golkar meraih dua Kursi, berbeda dengan partai lain yang hanya meraih satu kursi. Sekalipun masih terdapat partai lain yang juga memperoleh dua kursi, Golkar tetap berpeluang meraih Kursi Ketua. Karena Golkar di Kabupaten Haltim adalah peraih suara terbanyak,” ujar Amanah Upara yang juga Wakil Ketua MPO DPD Partai Golkar Malut.

Beberapa Kabupaten lain seperti Halmahera Barat, Golkar memperoleh 3 kursi, Halmahera Utara 4 kursi. Perolehan tersebut memberi peluang Kursi Ketua DPRD akan ditempati politisi Golkar. Begitu pula di Kabupaten Halmahera Selatan 3 kursi dan Kabupaten Pulau Morotai 3 kursi.

Perolehan suara Pileg di DPR-RI, DPRD Provinsi maupun 10 Kabupaten/Kota yang signifikan tersebut ternyata berbanding lurus dengan perolehan suara untuk pasangan Capres/Cawapres nomor urut 2 (Prabowo-Gibran). Adapun perolehan suara pasangan tersebut di Provinsi Malut adalah 454.953 suara atau 60,9 persen. Hasil ini membuktikan kepiawaian strategi politik yang diracik Ketua DPD Partai Golkar Malut yang juga Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo- Gibran.

“Kami dari keluarga besar Partai Golkar Maluku Utara mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Maluku Utara yang ada di 10 Kabupaten/Kota. Terimakasih atas kepercayaan masyarakat memilih pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2. Terimakasih pula pada partai koalisi Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 yang telah memenangkan pasangan tersebut,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Malut, Alien Mus dalam rilisnya mengungkapkan, Partai Golkar berkomitmen mengawal aspirasi masyarakat. Siap melahirkan produk Perda dan Peraturan Pemerintah yang konstruktif dan berpihak pada kepentingan publik.

“Kami juga siap mengawasi pemerintah dalam mengimplementasikan Perda dan Peraturan Pemerintah lainnya, mengawasi Pemerintah dalam pengelolaan anggaran untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga memastikan uang rakyat tidak dikorupsi,” ujar Alien dalam rilisnya kepada awak media ini.

Ia menyebutkan, Tahun 2024 akan digelar Pilkada serentak (27 November 2024) baik Pilgub serta pemilihan Bupati/Walikota di 10 Kabupaten /Kota. Golkar intinya akan menyiapkan kader terbaik yang juga tokoh potensial untuk bertarung.

Internal Golkar menyiapkan nama-nama seperti Ahmad Hidayat Mus (AHM), Aliong Mus (AM), Alien Mus (AM). Sedangkan tokoh potensial yang disiapkan adalah Beni Laos dan Sultan Tidore, Husain Syah. Nama-nama tersebut akan disurvei oleh lembaga survei yang kredibel.

“Siapa pun yang memiliki elektabilitas tertinggi, Golkar akan memberi rekomendasi untuk dicalonkan sebagai Gubernur/Bupati/Walikota. Mohon doa dan dukungannya, Insya Allah 27 November 2024 Partai Golkar akan memenangkan kontestasi tersebut dan siap membangun Malut yang adil dan makmur,” tuturnya. (Ateng)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.